PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi apakah ada pengaruh yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning dan yang tidak. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam studi ini adalah post-test only control group design. Seluruh populasi yang diteliti terdiri dari 175 siswa di kelas X SMK Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Sampel penelitian diambil dari kelas X busana 2 dengan 24 siswa dan kelas X kuliner 1 yang terdiri dari 21 siswa. Data dikumpulkan melalui metode tes menggunakan instrumen berupa soal uraian. Uji yang dilakukan adalah t-test independent untuk menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL yang dibantu oleh Kahoot mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, yang terlihat dari nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,005). Berdasarkan hasil analisis data, model pembelajaran PBL yang memanfaatkan media kahoot memberikan dampak positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.
Downloads
References
Afrilia, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kabupaten Tebo. UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Amalina, A., Raihana, E., & Warminah, W. (2024). Pemanfaatan Kahoot! Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam Menambah Vocabulary di SMK Bina Profesi Pekanbaru. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.55606/jppmi.v3i1.1089
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. TEOREMA, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765
An-Nidhof, I. M., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024). Modul Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Kahoot untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1144–1158. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1485
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 23(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Astria, R., Haji, S., & Sumardi, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di SMA Negeri 6 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(1), 56–68.
Batubara, N. K., & Reflina, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linier Berdasarkan Tingkat Intelligence Quotient. AXIOMA : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 180–192. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.12510
Binnendyk, I. A., Moma, L., & Gaspersz, M. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving (Pemecahan Masalah) Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Kristen Dobo. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(2), 123–128. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p123-128
Cyntia, V. C. (2021). Pengaruh Pengunaan Media Game Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. In Undergraduate thesis. UIN Raden Intan Lampung.
Damayanti, N., & Kartini. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.691
Diningrum, R. I., Eliyarti, W., & Anggiana, A. D. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Melalui Model Problem-Based Learning Berdiferensiasi Berbantuan Geogebra. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(2), 45–67. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i2.3941
Erita, S., Utami, E. S. D., & Ningsih, F. (2022). Realistic Mathematic Education-Based Student Worksheet to Improve Students’ Mathematical Reasoning on Circle Material. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 5(2), 210–223. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i2.11249
Ferdy, P. (2024). Penggunaan Multimedia Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Sma Negeri 6 Kepahiang. Institus Agama Islam Negeri Curup.
Habibi, M., Lasia, D., Oktafia, M., & Ilham, M. (2020). Habits of Mind Strategies for Enhancing Students’ Math Problem Solving Skills. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 182. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2590
Hanifa, N. I., Akbar, B., Abdullah, S., & Susilo. (2018). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 124. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1895
Hasanah, A. C., Rondli, W. S., & Darmuki, A. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14483
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Joyoleksono, S. K., Raharjo, T. J., & Suratinah. (2022). Pengaruh Model Problem based learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/35803/12898
Khabidin. (2019). Efektifitas Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Mengkondisikan Kelas pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Pagentan Kabupaten Banjarnegara. 1–150. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14126
Krisjayanti, O., Ismiyati, N., & Ganjar, S. (2024). Deskripsi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kahoot Pada Materi Trigonometri Di Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Balikpapan. EDUPRO: Prosiding Berkala Ilmu Pendidikan, 1(1), 40–46. https://edupro.uniba-bpn.ac.id/index.php/edupro/issue/view/1
Laswadi, L., Hermawan, C., & Purnawati, W. (2023). Enhancing Student Learning Motivation: A Problem-Based Learning Approach with Flipped Classroom Model in Distance Learning Design. Unnes Science Education Journal, 12(2), 76–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/usej.v12i2.70301
Laswadi, L., Setiawan, M. E., Efyanti, Y., Pentang, J. T., & Taresh, S. M. (2023). Distance Learning Design: A Problem-Based Learning with Flipped Classroom Model through improving student learning outcomes and learning motivation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(2), 216–226. https://doi.org/10.21831/jipi.v9i2.63166
Lopes, R. M., Hauser-Davis, R. A., Oliveira, M. M., Pierini, M. F., de Souza, C. A. M., Cavalcante, A. L. M., Santos, C. R. Dos, Comarú, M. W., & da Fonseca Tinoca, L. A. (2020). Principles of problem-based learning for training and professional practice in ecotoxicology. Science of The Total Environment, 702, 134809. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2019.134809
Marlita, S., & Adirakasiwi, A. G. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio, 10(4), 37–43. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6597
Meturan, L., Laurens, T., & Moma, L. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 7 Ambon Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning ( PBL) Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 4(3), 111–116. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v4.i3.p111-116
Muhammad, Y. M., & Tetep. (2018). Implementation of Kahoot Application To Improving of Civic Education Learning (Experimental Research In Class Xi Of Sma Negeri 1 Garut). Journal Civics & Social Studies, 2(1), 75–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/journalcss.v2i1.286
Muhd., Gunawan, R. G., & Oktafia. (2017). Pengaruh Strategi Belajar Murder Dengan Setting Belajar Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 1 Kerinci. Jurnal Tarbawi, 13(01), 11–21.
Muryani, A., & Purwanti, K. Y. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Berbantuan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV. JANACITTA, 4(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i1.910
Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web. JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 245. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786
Ntjalama, K., M, M. T., & Meliasari, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAND berbntuan media kahoot terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMAN 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 14–15. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i2
Pratidina, D. A., & Nindiasari, H. (2023). Pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kerangka kerja TPaCK: kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1841–1850. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.15834
Puspitasari, B., & Rayungsari, M. (2024). Systematic Literature Review: Penerapan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 81–89. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.891
Rahman, H., Faisal, M., & Syamsuddin, A. F. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 12–24. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2778
Rio, M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Bilangan Bulat. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 70–81. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6105
Sulsana, R. M., Karma, I. N., & Nurwahidah, N. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 491–497. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669
Usman, patima M., Tintis, I., & Nihayah, E. F. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Basicedu, 6(1), 664–674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1990
Wahyuni, F. T., & Sholichah, N. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 1(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i3.273
Wulandari, O., Muhtarom, M., & Sumarno, S. (2025). Analisis Butir Soal Pengetahuan Matematika Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Rasch. Jurnal Pengembangan Dan Penelitian Pendidikan, 07(1), 293–302. https://journalpedia.com/1/index.php/jppp
Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematik Serta Self-Efficacy Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 647. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p647-656
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.