DIAGNOSIS DAN REMIDIASI KESALAHAN KOGNITIF DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta memperbaiki kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal - soal terkait sistem persamaan linear dua variabel. Dengan mengidentifikasi kesalahan kognitif dan memberikan solusi yang tepat, diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong kesuksesan akademik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian terdiri dari 33 peserta didik kelas VIII D SMPN 1 Larantuka, di mana lima orang di antaranya dipilih sebagai sampel. Alat pengumpulan data meliputi lembar tes diagnostik dan dokumentasi, sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, dan analisis jawaban peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta didik melakukan berbagai kesalahan, baik dalam hal konsep, prinsip, maupun prosedur, seperti Tidak menuliskan informasi yang diketahui secara lengkap karena kurang memahami bahasa soal; Melakukan kesalahan perhitungan; Salah dalam memberikan tanda operasi; Keliru dalam menerapkan langkah-langkah metode eliminasi; Salah dalam menarik kesimpulan jawaban akhir. Untuk mengatasinya atau remediasi dengan cara pembelajaran ulang, latihan terstruktur, pembelajaran kooperatif, dan penggunaan teknologi.
Downloads
References
Afandi, M., & dkk. 2013. Model dan Metode Pembeljaran di Sekolah. Semarang: Unnisula Press.
Afandi, M. R., Ramdhani, M. A., Rizky, M., Setiawan, M. E., & Majid, A. 2023. Tantangan dan Strategi dalam Menggunakan Assessment untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Digital. In Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (hal. 552–562).
Anshori, M. T. 2018. Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–10.
Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dhanu, A. 2019. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika dan Strategi Perbaikannya [Manuskrip/Tidak dipublikasikan]
Dwianti, L.I. 2017. Pelaksanaan Pengajaran Remedial Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Dewi, N. L. R. K., Suarjana, I. M., & Sumantri, I. W. 2014. Peningkatan Pemahaman Matematika Melalui Soal Cerita Berbasis Kehidupan Nyata. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 45-60.
Febriana et al. 2023. Implementasi Diagnosis Kesulitan Belajar Statistika melalui Think Aloud Protocol dan Remediasi Berbasis Peer Instruction. Proceeding of the 5th International Conference on Mathematics Education.
Fadhillah, Nisrina, & Wicaksono, J. W. 2022. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta didik Kelas IV SD Negeri Samahani. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 121–126.
Gulvara, M. A., Suryadi, D., & Kurniawan, S. 2023. Kesalahan Peserta didik Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Skema Fong: Systematic Literature Review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 607–618. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.17141
Haryanti, S. 2018. Analisis Hasil Assesmen Diagnostik Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Pada Pembelajaran Dimensi Tiga Tipe TPS Kelas X. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 77–91. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.76-91
Imam, M., & dkk. 2022. Diagnosis Kesulitan Belajar.
Iriyadi, D., Rustam, A., & Ahmad. 2022. Integrasi Pembelajaran Remedial dan Tes Diagnostik. Sultra Educational Journal, 2(2), 78–86. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i2.253
Kumanireng, L. B., & Lagamakin, A. K. 2023. Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Peserta Didik Ditinjau dari Self Directed Learning. ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 5(1), 73–82. Diambil dari https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT/article/view/2828
Kramarski & Mevarech .2019. Diagnosis Metacognitive Gaps in Mathematical Problem Solving and Remediation Using Reflective Journaling. Educational Studies in Mathematics, 101(3), 389-411.
Lidi, M. W. 2018. Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, 9(1), 15–26. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26158
Magfiroh, S., Manfaat, B., & Persada, A. R. 2024. Evaluasi Program Remedial dan Pengayaan Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tematik, 9(1), 32–44.
Marasabesi, A., Afandi, A., & Jalal, A. 2022. Identifikasi Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Saintifik Jurnal Pendidikan Miipa, 7(1), 22–28. Diambil dari http://econference.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/matematika/IPME/paper/view/530
Mahyudi, & Sari, H. M. 2018. Diagnosis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Sudut dan Remediasinya dengan Pembelajaran Berbantuan Geogebra. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 94–102. https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2240
Marsetyorini, A.D. dan Murwaningtyas, C.E. 2012. Diagnosis Kesulitan Belajar Peserta didik dan Pembelajaran Remedial dalam Materi Operasi Pada Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMPN 2 Jetis Bantul. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 10 November 2012. Hal: 59-70. ISBN : 978 979-16353-8-7.
Nisa, S. C., Suprapto, E., & Sari, E. 2024. Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Peserta didik Kelas XI SMAN 6 Madiun. Journal on Education, 06(04), 19945–19956. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6012
Nursalam, N. 2016. Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika: Studi Pada Peserta didik Sd/Mi Di Kota Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a1
Oyekan, S. O. 2013. Effect of Diagnostic Remedial Teaching Strategy on Students’ Achievement in Biology. Journal of Educational and Social Research, 3(7), 282. https://doi.org/10.5901/jesr.2013.v3n7p282
Rokhman & Suryani. 2021. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Pecahan dan Upaya Remediasinya melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(1), 12-20.
Rusdianto, H. D. 2010. Analisis Kesalahan Peserta didik Kelas VII-G SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah Perbandingan Bentuk Soal Cerita. Skripsi tidak diterbitkan.
Suwarto. 2013. Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryanih. 2011. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Peserta didik dan Solusinya dengan Pembelajaran Remedial. Skripsi yang diterbitkan.
Widdiharto, Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Zulfah, Z. 2017. Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berbasis Masalah Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 112-125.
Zella, Mutiara. 2016. Analisis Pelaksanaan Program Remedial Mata Pelajaran Matematika dan Kontribusinya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 4 Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.