ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

  • Julie Haryanie Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Asma Riani Siregar Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Mariyanti Elvi Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: Analisis, Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Kognitif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua orang siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bintan Timur, yaitu satu siswa dengan gaya kognitif field dependent dan satu siswa dengan gaya kognitif field independent yang memiliki kemampuan representasi matematis yang tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes GEFT, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian yaitu triangulasi teknik dengan membandingkan hasil tes kemampuan representasi matematis dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent cenderung menggunakan bentuk representasi visual dan persamaan. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent dapat menggunakan tiga representasi matematis yaitu visual, persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau kalimat.

References

Fitria, M. (2019). Deskripsi Disposisi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Universitas Islam Majapahit.

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145ΓΆβ¬β152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854

Hasan, B. (2020). Proses kognitif siswa field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 323ΓΆβ¬β332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.323-332

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Mataheru, E. E., Ratumanan, T. G., & Ayal, C. S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi program linear. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 55ΓΆβ¬β67. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp55-67

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma pembelajaran matematika berbasis NCTM. Purwokerto: CV IRDH.

Minarni, A., Napitupulu, E. E., Lubis, S. D., & Annajmi. (2020). Kemampuan berfikir matematis dan aspek afektif siswa. Medan: HC Publisher.

NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71ΓΆβ¬β83. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.48

Ningtiyas, H. A., & Rosyidi, A. H. (2020). Representasi matematis siswa SMA ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (MATHEdunesa), 9(3), 579ΓΆβ¬β588. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p579-588

Onyekuru, B. U. (2015). Field Dependence-Field Independence Cognitive Style , Gender , Career Choice and Academic Achievement of Secondary School Students in Emohua Local Government Area of Rivers State. Journal of Education and Practice, 6(10), 76ΓΆβ¬β86.

Patingki, A., Mohidin, A. D., & Resmawan. (2022). Hubungan Gaya Kognitif Siswa dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 70ΓΆβ¬β80. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15412

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33ΓΆβ¬β44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supandi, S., Waluya, S., Rochmad, R., Suyitno, H., & Dewi, K. (2018). Think-Talk-Write Model for Improving Students ΓΆβ¬βΆ Abilities in Mathematical Representation Think-Talk-Write Model for. 11(3), 77ΓΆβ¬β90. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1136a

Suryanti, N. (2014). Pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika JINAH, 4(1), 1393ΓΆβ¬β1406. https://doi.org/10.23887/jinah.v4i1.4601

Tyas, W. H., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aritmatika sosial dan perbandingan ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8), 781ΓΆβ¬β792.

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi penyajian data di desa Bungbulang. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47ΓΆβ¬β60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1025

Published
2024-05-31
How to Cite
Haryanie, J., Siregar, N. A. R., & Elvi, M. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 60-84. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3684