ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MENGGUNAKAN RASCH MODEL KELAS X SMA NEGERI 2 BUNGURAN TIMUR

  • Rahma Gustiannur Simbolon Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Desi Rahmatina Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Febrian Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: Analisis Butir Soal, Item-Person, Rasch Model

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis butir soal matematika dengan mengukur reliabilitas, tingkat kesulitan (item dan person measure) dan tingkat kesesuaian (item dan person fit) menggunakan Rasch model. Responden pada penelitian ini berjumlah 77 peserta didik dengan 40 soal berupa pilihan ganda. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Hasil analisis reliabilitas menggunakan bantuan software Winsteps 3.73, diperoleh reliabilitas dilihat dari Alpha Cronbach KR 20 sebesar 0,82 dengan person reliability 0,80 dan item reliability 0,90. Hasil analisis tingkat kesulitan, item measure diperoleh 12 soal sangat sulit, 3 soal sulit, 19 soal mudah dan 6 soal sangat mudah. Sedangkan person measure diperoleh 36 peserta didik abilitas tinggi, 33 peserta didik abilitas sedang dan 8 peserta didik abilitas rendah. Hasil analisis tingkat kesesuaian, item fit diperoleh 1 soal tidak fit dan 39 soal fit. Sedangkan person fit diperoleh 8 peserta didik mengalami pola respon berbeda (misfit) dan 69 peserta didik dengan pola respon ideal. Pola respon berbeda dikarenakan peserta didik tidak berhasil menjawab soal sangat mudah dengan benar, namun mampu menjawab soal sangat sulit dengan benar. Berdasarkan analisis tersebut, penggunaan Rasch model sangat dianjurkan untuk digunakan oleh guru agar dapat membantu guru dalam mengetahui kualitas alat penilaian dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.

References

Abdullah, N., Jahja, M., & Setiawan, D. G. E. (2022). Analisis kualitas butir soal pada mata pelajaran fisika di jurusan fisika fakultas mipa universitas negeri gorontalo tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(1), 44ΓΆβ¬β52. https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.32358

Alam, S. (2017). Analisis soal matematika ujian akhir semester genap di kelas VIII SMPN 1 sinjai timur. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Amelia, N., Paridjo, & Sina, I. (2021). Analisis butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran matematika menggunakan software anates. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 447ΓΆβ¬β456. https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.8356

Amelia, R. N. (2021). Identifikasi item fit dan person fit dalam pengukuran hasil belajar kimia. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1), 13ΓΆβ¬β26.

Anekawati, A., Rofik, M., & Isyanto. (2023). Pelatihan analisis rasch untuk MGMP guru matematika kabupaten sumenep. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Anggraini, W. (2021). Analisis butir soal pada pembelajaran e-learning mata pelajaran ipa kelas iv (alat indera pada manusia) di 3 sekolah kabupaten seluma. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek (Edisi Revi). Rineka Cipta.

Astuti. (2020). Analisis soal ujian akhir semester genap mata pelajaran matematika siswa SD negeri 005 binuang ajaran 2017/2018. Jurnal Pendiidikan Tambusai, 4(1), 867ΓΆβ¬β880.

Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan model rasch untuk analisis instrumen tes pada mata kuliah matematika aktuaria. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45ΓΆβ¬β50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp45-50

Febrian, & Fera, M. (2019). Kualitas perangkat dan keterampilan mengajar mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah micro teaching menggunakan analisis model rasch. Jurnal Gantang, 4(1), 87ΓΆβ¬β95. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1065

Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis butir soal ujian matematika kelas vii semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459

Irwan, A. (2024). Pengertian sekolah beserta unsur, fungsi, dan jenjang pendidikan. Maxmanroe.Com.

Marjiastuti, K., & Wahyuni, S. (2014). Analisis kemampuan peserta didik dengan model racsh. Jurnal Indonesia, 121ΓΆβ¬β128.

Mirunnisa. (2019). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah atas dengan model discovery learning. Jurnal Numeracy, 6(1), 76ΓΆβ¬β85. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i1.434

Nudin, I., & Hidayatullah, R. S. (2023). Analisis butir soal penilaian tengah semester mengunakan model Rasch di SMK Negeri 5 Surabaya. JPTM, 12(2), 132ΓΆβ¬β139.

Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis iteman dan model Rasch pada pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 224ΓΆβ¬β233. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

Purnomo, S. (2016). Pengembangan soal matematika model pisa konten space and shape untuk mengetahui level kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan analisis model rasch. Universitas Jember.

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis kualitas soal pra ujian nasional mata pelajaran ekonomi akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 85ΓΆβ¬β94. https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, danfungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88ΓΆβ¬β97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Suaedi, M. (2016). Analisis terhadap kualitas butir soal buatan guru ipa kelas viii mts negeri slawi tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Kamil, 3, 1ΓΆβ¬β23.

Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis (deskriptif kuantitatif) motivasi belajar siswa dengan model blended learning di masa pandemi covid19. Kadikma, 13(1), 68ΓΆβ¬β73. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan (Cetakan I). Trim Komunikata.

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis validitas reabilitas tingkat kesukaran dan daya beda pada butir soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran matematika. Aljabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203ΓΆβ¬β217.

Published
2024-05-11
How to Cite
Simbolon, R. G., Desi Rahmatina, & Febrian. (2024). ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MENGGUNAKAN RASCH MODEL KELAS X SMA NEGERI 2 BUNGURAN TIMUR. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v10i1.3666