IMPLIKASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Uba Umbara
Keywords: Teori Belajar Konstruktivisme, Pembelajaran Matematika

Abstract

Implikasi memiliki tujuan untuk membandingkan hasil penelitian antara yang telah lalu dengan yang baru saja dilakukan. Pada dasarnya implikasi suatu teori dapat didefinisikan sebagai akibat langsung atau konsekuensi atas temuan hasil suatu proses penelitian. Sehingga, munculah berbagai teori hasil penelitian. Teori pembelajaran konstruktivisme ini memberikan pengaruh yang kuat dalam dunia pendidikan. Akibatnya, oreintasi pembelajaran di kelas mengalami pergeseran. Orentasi pembelajaran bergeser dari berpusat pada guru mengajar ke pembelajaran berpusat pada siswa.Siswa tidak lagi diposisikan bagaikan bejana kosong yang siap diisi. Dengan sikap pasrah siswa disiapkan untuk dijejali informasi oleh gurunya. Atau siswa dikondisikan sedemikian rupa untuk menerima pengatahuan dari gurunya. Siswa kini diposisikan sebagai mitra belajar guru. Guru bukan satu-satunya pusat informasi dan yang paling tahu. Guru hanya salah satu sumber belajar atau sumber informasi. Sedangkan sumber belajar yang lain bisa teman sebaya, perpustakaan, alam, laboratorium, televisi, koran dan internet

Published
2016-05-01
How to Cite
Umbara, U. (2016). IMPLIKASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 31-38. Retrieved from https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/348

Most read articles by the same author(s)

> >>