MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF – EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

  • Puji Budilestari Universitas Langlangbuana
  • Agung Cahya Gumilar Pendidikan Matematika, Universitas Langlangbuana
  • Maulidia Damayani Universitas Langlangbuana

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy merupakan keterampilan yang dapat dikembangkan siswa melalui kebiasaan berpikir kreatif dan kepercayaan diri yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimen kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 2, dan sampel diambil dari dua kelas: XI IPS 2 dan XI IPS 3. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, angket, dan penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan analisis data penelitian menggunakan SPSS V.23 for Windows diperoleh hasil bahwa model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan meningkatkan self-efficacy siswa. Selain itu peningkatan kemampuan berfikir kreatif dan self-efficacy siswa dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) lebih baik daripada menggunakan model konvensioal.

Keywords: Berpikir Kreatif Matematis, Self – Efficacy, Creative Problem Solving

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita.W.I, H. H. (2018). Pengaruh Self Confidence dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif.

Apriliani.L.R, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kecemasan Matematika Pada Pembelajaran Creative problem solving Teknik SCAMPER. Unnes Jurnal of Mathematics Education Research.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.

Ginting.E.B, P. F. (2019). Creative Problem Solping (CPS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika.

http://repository.uin-suska.ac.id/12909/6/6.%20BAB%20I_2018468PMT.pdf

Lestari.E.K, Y. d. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: refika ADITAMA.

Masitah, S. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Efficacy Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran OPEN-ENDED. SIGMA.Vol.4 No.1.

Pepkin.K.L. (2004). Creative problem solving In Math. Diambil kembali dari http://www.uh.edu/hti/ cu/2004/v02/04.htmfl

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No.22 Tahun 2016. (2016). Tentang Kecakapan Matematika.

Prasetyani, A. (2014). Upaya Penerapan Strategi Mathematical Habits of Mind Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. (Skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri,Jakarta.

Rosmala.Amelia, & Isrok'atun. (2018). Model - Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuanlitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo.U, R. H. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT.Rafika Aditama.

Torrance, E. P. (1974). Torrance Tests of Creative Thinking. Scholastic Testing Service.

Turohman.I, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Creative problem solving. Musharofa:Jurnal Pendidikan Matematika.

Warsito, H. (2009). Pedagogi | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume IX No.1 April 2009 29. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, IX(1), 29–47.

Zulfikar. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes dalam Evaluasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Published
2025-05-31
How to Cite
Puji Budilestari, Gumilar, A. C., & Maulidia Damayani. (2025). MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF – EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 11(1), 255-264. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v11i1.3161
Abstract viewed = 37 times
PDF downloaded = 19 times