MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF – EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy merupakan keterampilan yang dapat dikembangkan siswa melalui kebiasaan berpikir kreatif dan kepercayaan diri yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimen kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 2, dan sampel diambil dari dua kelas: XI IPS 2 dan XI IPS 3. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, angket, dan penilaian keterampilan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan analisis data penelitian menggunakan SPSS V.23 for Windows diperoleh hasil bahwa model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan meningkatkan self-efficacy siswa. Selain itu peningkatan kemampuan berfikir kreatif dan self-efficacy siswa dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) lebih baik daripada menggunakan model konvensioal.
Downloads
References
Anita.W.I, H. H. (2018). Pengaruh Self Confidence dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif.
Apriliani.L.R, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kecemasan Matematika Pada Pembelajaran Creative problem solving Teknik SCAMPER. Unnes Jurnal of Mathematics Education Research.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.
Ginting.E.B, P. F. (2019). Creative Problem Solping (CPS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika.
http://repository.uin-suska.ac.id/12909/6/6.%20BAB%20I_2018468PMT.pdf
Lestari.E.K, Y. d. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: refika ADITAMA.
Masitah, S. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Efficacy Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran OPEN-ENDED. SIGMA.Vol.4 No.1.
Pepkin.K.L. (2004). Creative problem solving In Math. Diambil kembali dari http://www.uh.edu/hti/ cu/2004/v02/04.htmfl
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No.22 Tahun 2016. (2016). Tentang Kecakapan Matematika.
Prasetyani, A. (2014). Upaya Penerapan Strategi Mathematical Habits of Mind Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. (Skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri,Jakarta.
Rosmala.Amelia, & Isrok'atun. (2018). Model - Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuanlitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo.U, R. H. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT.Rafika Aditama.
Torrance, E. P. (1974). Torrance Tests of Creative Thinking. Scholastic Testing Service.
Turohman.I, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Creative problem solving. Musharofa:Jurnal Pendidikan Matematika.
Warsito, H. (2009). Pedagogi | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume IX No.1 April 2009 29. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, IX(1), 29–47.
Zulfikar. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes dalam Evaluasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Copyright (c) 2025 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.