MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

  • Puput Safitri Wijaya STKIP Singkawang
  • Rika Wahyuni STKIP Singkawang
  • Rosmaiyadi STKIP Singkawang
Keywords: Model Pembelajaran SSCS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Karakter Kreatif Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, keterlaksanaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan pendekatan konstruktivisme, karakter kreatif belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS), dan korelasi antara karakter kreatif belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pemangkat pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental pada bentuk The Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: a) penggunaan model SSCS dengan pendekatan konstruktivisme lebih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung; b) model SSCS dengan pendekatan konstruktivisme dapat terlaksana dengan baik; c) penggunaan model SSCS dengan pendekatan konstruktivisme menghasilkan karakter kreatif siswa yang tinggi;  dan d) hubungan antara karakter kreatif dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah menjadi lebih terlihat setelah diterapkan model pembelajaran SSCS dengan pendekatan konstruktivisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289

Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SEARCH SOLVE CREATE SHARE ( SSCS ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. 2(2), 42ΓΆβ¬β53.

Buyung, B., & Sumarli, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Variabel, 4(2), 61. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2722

Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. 4(April), 71ΓΆβ¬β78.

Farida, N. (2014). Pengaruh Sikap Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 10ΓΆβ¬β15.

Gibran, A. G., Salam, R., Percaya, S., & Siswa, D. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. 2(6), 36ΓΆβ¬β50.

Hartanti, P. S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Seacrh, Solve, Create and Share (Sscs) Menggunakan Media Lkpd Pada Materi Penyajian Data Untuk Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Kepanjen. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 62. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2617

Indah, K., Lestari, P., Nayazik, A., Hidayati, D. W., Ivet, U., Ivet, U., & Ivet, U. (2019). Pengaruh Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), 9ΓΆβ¬β14.

Jatisunda, M. G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik. 2(1), 57ΓΆβ¬β66.

Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Puskur_Balitbang.

Khairunisa, D. (2020). Menumbuhkan Karakter Kreatif Dan Peduli Melalui Project Based Learning Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 3(1), 85ΓΆβ¬β101. https://doi.org/10.47239/jgdd.v3i1.188

Mariyam, P, N. C., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(September), 66ΓΆβ¬β73.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216ΓΆβ¬β232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Rahmi, M., Edwin Musdi, & yerizon. (2017). Tahap Preliminary Research Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs/SMP. Jurnal Mosharafa, 6(2), 237ΓΆβ¬β246. http://e-mosharafa.org/

Santi, D. M., Rosmaiyadi, & Mariyam. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jumlahku, 8, 15ΓΆβ¬β27.

Sulistiyono, E., Mahanal, S., & Saptasari, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Speed Reading-Mind Mapping (SR-MM). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1226ΓΆβ¬β1230.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2).

U.S, S. (2012). Peran Berpikir Kretif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248ΓΆβ¬β262.

Widyati, F. N., & Irawati, H. (2021). Studi Literatur: Peningkatan Oral Activity Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS). INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 74ΓΆβ¬β81. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57187

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Tematis Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 1ΓΆβ¬β8.

Published
2023-11-01
How to Cite
Puput Safitri Wijaya, Rika Wahyuni, & Rosmaiyadi. (2023). MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 39-55. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3038