PENGEMBANGAN DIGIBOOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
Abstract
Pentingnya sebuah media pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik harus dipersiapkan oleh pendidik, salah satunya dengan digibook. Penelitian ini bertujuan menghasilkan digibook bangun ruang sisi lengkung untuk mengeksplor kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian adalah 3 orang guru matematika, 5 orang peserta didik yang diambil dari kelas sembilan diluar kelas IX B, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 32 orang peserta didik kelas IX B SMP Negeri 2 Cikijing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh hasil validasi dari ahli materi dan ahli media, digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional ini valid dengan kategori sangat layak digunakan. Respon pengguna terhadap digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional ini positif dengan kategori sangat baik. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh kategori Strong Effect. Kemampuan pemecahan masalah setelah menggunakan digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional sebanyak 8 orang atau 25% peserta didik berada pada kategori “Tinggi”. Sebanyak 20 orang atau 62,5% peserta didik berada pada kategori “Sedang”. Sebanyak 4 orang atau 12,5% peserta didik berada pada kategori “Rendah”. Sehingga disimpulkan bahwa digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan layak digunakan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Downloads
References
Abdurahman, A. (2017). Implikasi UUSPN Terhadap Pendidikan Islam. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1(1), 19–35. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.25
Abidin, Z. (n.d.). PENERAPAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN.
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi program pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan. In Bumi Aksara : Jakarta. (Ed. 2, Cet). Jakarta,Bumi Aksara.;2014.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Book Reviews Research Methods in Education. The Austr Alian Educational Researcher, 2, 147–156.
Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2022). Pengembangan Digibook Barisan dan Deret Berbasis Anyflip untuk Mengeksplor Kemampuan Berpikir Komputasional Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 191–203. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1089
Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860
Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3082–3096. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.995
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Patmawati, H., Ratnaningsih, N., & Hermanto, R. (2016). Developing Character Based Interactive L Earning Media To Facilitate Student ’ S Self - Learning of Capita Selecta Mathematics ( a Research on Mathematical Critical and Creative Thinking Skillsof Mathematics Departement Studentof Teacher Trainingand Educa. Prosiding Ictte Fkip Uns 2015, 1(2008), 523–532.
Rasyid, M. R. (2008). OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM PROSES TRANSFORMASI PENGETAHUAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 55–68. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a5
Ratnasari, Y. T. (2019). PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Yulia Triana Ratnasari. Seminar Nasional, 235–239.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistika Pendidikan. jakarta : Rajawali Press.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta.
Yani, C. F., Roza, Y., Murni, A., & Zuhri Daim. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 2086–4280. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.