SELF EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN APLIKASI MICROSOFT MATHEMATICS
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai self-efficay  siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi Microsoft Mathematics. Rendahnya self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika merupakan masalah yang melatarbelakangi penulisan artikel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics terhadap self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan angket self-efficacy dan tes prestasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara self-efficacy siswa pada kelompok eksperimen dan kontrol. Siswa yang menggunakan aplikasi Microsoft Mathematics menunjukkan peningkatan self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Artinya siswa cenderung memiliki self-efficacy atau keyakinan diri yang cukup tinggi dalam pembelajaran matematika menggunakan Microsoft Mathematics. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics dapat meningkatkan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Studi ini memberikan implikasi praktis yang dapat membantu guru dan pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
Downloads
References
Agustina, C. A., Rahayuningsih, S., & Ngatiman. (2018). Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Majamath, 105.
Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 151.
Fajri, H. N., Johar, R., & Ikhsan, M. (2016). Peningkatan Kemampan Spasial dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbasis Multimedia. Beta: Jurnal Tadris Matematika.
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatn Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak.
Indahsari, I. N., Situmorang, J. C., & Amelia, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficay Siswa MAN. Journal on Education, 256.
Indriani, N. (2016). Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Irnawaty, D., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Ecite (Electronic Counseling in Telegram) Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa. Research and Development Journal of Education, 1.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika.
Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 89.
Milah, A. M., Susilawati, W., Widiastuti, T. T., & Ariany, R. L. (2022). Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. Gunung Djati Conference Series Mathematics Education on Research Publication.
Oktaviyanthi, R., & Supriani, Y. (2014). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Microsoft Mathematics. AdMathEdu, 176.
Pardimin. (2018). Self-Efficacy Matematika dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 30.
Puspitorini, A. (2015). Meningkatkan Pemahaman Siswa dengan Penggunaan Microsoft Mathematics Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Kalkulus. Sigma (Kajian Ilmu Pendidikan Matematika), 8.
Rantayu, R. F., Rahayu, A. A., & Ibrahim. (2022). Self Efficacy Siswa SMA Sederajat terhadap Pemahaman Konsep SPLDV Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Matematika Ilmiah (Jumlahku), 126.
Sadewi, A. E., Sugiharto, D., & Nusantoro, E. (2012). Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10.
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma (Kajian Ilmu Pendidikan Matematika), 64.
Suryacita, G. E., & Oktavia, R. (2017). Pemanfaatan Program Microsoft Mathematics untuk Meningkatkan Ketelitian Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Dua Buah Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika "Etnomatematika: Perspektif Matematika dari Budaya Indonesia" (hal. 648). Yogyakarta: Progra Stud Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Self Confidence. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 383-394.
Yulia, E. R., Wahyuni, I., & Maharani, A. (2021). Keslitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati. (2017). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 132.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.