ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Abstract
Kondisi pasca pandemi ini membuat siswa mempelajari setiap materi dari gadgetnya. Hal tersebut membuat pola pikir siswa sangat terbatas karena kepraktisan yang didapatkannya. Hanya dengan membuka satu situs internet, semua jawaban tentang materi yang dipelajarinya ada disitu. Hal tersebut membuat kemampuan penalaran matematis siswa tidak cukup berkembang. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang salah satunya dengan memberikan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Dalam pembelajaran berdiferensiasi itu sendiri terdapat beberapa aspek kebutuhan siswa yang harus dipenuhi, yakni kesiapan, minat dan gaya belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi mengedepankan konsep bahwa setiap siswa memiliki minat, potensi dan bakat tersendiri. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil dari tes tersebut menunjukan bahwa ketiga orang subjek ini memperoleh nilai yang cukup memuaskan setelah dilakukan pengelompokan berdasarkan gaya belajar. Nilai subjek yang pertama dengan gaya belajar visual meningkat dari 56 menjadi 82 , nilai subjek 2 dengan gaya belajar auditori meningkat dari 68 menjadi 80 dan nilai subjek 3 dengan gaya belajar kinestetik meningkat dari 65 menjadi 75. Dengan begitu kemampuan penalaran matematis siswa berkembang cukup baik dengan dilakukannya pendekatan pembelajaran berdiferensiasi.
Downloads
References
Afgani, Jarnawi. 2011. “Analisis kurikulum matematika.” Jakarta: Universitas Terbuka.
Apriyani, Dwi Dani. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika.” Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi) 1(1).
Atiyah, Ummi, Mawardi Mawardi, dan Najib Hasan. 2021. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Online Learning System SD Negeri Kutabumi II.” YASIN 1(2): 146–53.
Chetty, Nithya Dewi Subramaniam dkk. 2019. “Learning Styles and Teaching Styles Determine Students’ Academic Performances.” International Journal of Evaluation and Research in Education 8(4): 610–15.
Faiz, Aiman, Anis Pratama, dan Imas Kurniawaty. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6(2): 2846–53.
Febriyanti, Hesti, dan Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar.” JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 6(1): 50–65.
Fitra, Devi Kurnia. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa.” Jurnal Filsafat Indonesia 5(3): 250–58.
Herwina, W. 2021. “Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35 (2), 175–182.”
Irawati, Ilfa, Mohammad Liwa Ilhamdi, dan Nasruddin Nasruddin. 2021. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pijar Mipa 16(1): 44–48.
Joyner, Jeane, dan Barbara Reys. 2000. “Principles and Standards for School Mathematics: What’s in It for You?” Teaching children mathematics 7(1): 26–29.
Konita, Mita, Mohammad Asikin, dan Tri Sri Noor Asih. 2019. “Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE).” In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, , 611–15.
Lena, Ina Magda, Indah Ayu Anggraini, Wahyuni Desti Utami, dan Salsa Bila Rahma. 2020. “Analisis minat dan bakat peserta didik terhadap pembelajaran.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 7(1): 23–28.
Marfu’ah, Solikhatun, Zaenuri Zaenuri, Masrukan Masrukan, dan Walid Walid. 2022. “Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.” In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, , 50–54.
Marlina, Marlina. 2020. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.”
Maryam, Atik Siti. 2021. “Stategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Nababan, Siti Aminah. 2020. “Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning.” Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 11(1).
Nining, Nining. 2019. “Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(1): 32–41.
Putri, Dinda Kurnia, Joko Sulianto, dan Mira Azizah. 2019. “Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah.” International Journal of Elementary Education 3(3): 351–57.
Rijal, Syamsu, dan Suhaedir Bachtiar. 2015. “Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa.” Jurnal Bioedukatika 3(2): 15–20.
Roesdiana, Lessa, dan Nita Hidayati. 2020. “Pembelajaran dengan Model Eliciting Activities (Meas) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran.” JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 6(2): 166–75.
Rosita, Cita Dwi. 2015. “Efektivitas model pembelajaran grup investigasi terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada materi ruang vektor.” AlphaMath: Journal of Mathematics Education 1(1).
Smale-Jacobse, Annemieke E, Anna Meijer, Michelle Helms-Lorenz, dan Ridwan Maulana. 2019. “Differentiated instruction in secondary education: A systematic review of research evidence.” Frontiers in psychology 10: 2366.
Suwartiningsih, Suwartiningsih. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1(2): 80–94.
Tuhulaula, Vieri Sahizinda, Ahmad Sofyan, dan Dina Rahma Fadlilah. 2022. “Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Daring Biologi di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan.” In Prosiding Seminar Nasional Biologi, , 262–72.
Walkington, Candace dkk. 2019. “Does restricting hand gestures impair mathematical reasoning?” Learning and Instruction 64: 101225.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.