ANALISIS INSTRUMEN SOAL PILIHAN GANDA UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PEMINATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester pada pembelajaran matematika peminatan di SMAN 4 Malang yang ditinjau dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan pilihan sebagai pengecoh. Penelitian ini ialah penelitian yang bersifat evaluasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Evaluasi dalam penelitian ini dilakukan terhadap butir soal ujian akhir sekolah (UAS) mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2022/2023 guna mengetahui kualitas soal dengan cara melakukan analisis butir soal. Penelitian dilakukan dengan sampel sebanyak 36 lembar jawaban siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan aplikasi Anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, dan keefektifan pilihan dapat disimpulkan bahwa tingkat kesukaran soal; 1 butir (5%) sangat mudah, 1 butir (5%) mudah, 12 butir (60%) sedang, 4 butir (20%) sukar, dan 2 butir (10%) sangat sukar. Untuk daya pembeda soal, 4 butir (20%) sangat buruk, 1 butir (5%) buruk, 4 butir (20%) cukup, dan 11 butir (55%) baik. Untuk efektifitas pilihan; 4 butir (20%) dalam kategori sangat baik, 6 butir (30%) dalam kategori baik, dan 10 butir (50%) dalam kategori buruk. Butir soal yang memiliki kualitas dengan kategori baik dapat digunakan atau di sebarkan untuk siswa, namun butir soal dengan kategori kurang baik dapat direvisi, dan butir soal dengan kategori buruk harus diganti dengan soal baru.
Downloads
References
Adiputra, Y & Putri, H.E. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMK Pada Materi Statistika. Jumlahku (Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan), 6(2): 156-165.
Aliati, & Ibrahim, M. 2013. Kualitas Tes Ujian Nasional Matematika Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Buton Utara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika.
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Erfan, M., Maulyda, M.A., Hidayati, V.R., Astria, F.P., & Ratu, T. 2020. Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Teori Tes Klasik Dan Model Rasch. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1): 11-19.
Fatimah, L.U & Alfath, K. 2019. Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2): 37-64.
Halik, A.S., Mania, S., & Nur, F. 2019. Analisis butir soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 11-17
Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika (I): rajawali pers: Jakarta.
Hanifah, N. 2014. Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO e-KONS, 6(1): 41-55.
Iskandar, R. 2019. Skripsi. Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Sekota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kadir, A. 2015. MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR. AL-TA’DIB : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70–81.
Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika (I). PT Refika Aditama: Bandung.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. 2020. Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. BINTANG, 2(2): 244-257.
Mardiyana. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan penilaian Portofolio pada pembelajaran matematika berorientasi kemampuan awal. Journal of mathematics and mathematics Education, 4(1).
Octavia, Y. M. 2014. Skripsi. Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester II Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Purwanti, M. 2014. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(2).
Riadi, Edi. 2016. Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Edisi 1. Yogyakarta: ANDI.
Riswanda, R. 2015. Skripsi. Analisis Butir Soal Ulangan Mid Semester Kompetensi Keahlian Memperbaiki Sistem Pelumasan dan Pendinginan Kelas XI Semester I Program Keahlian TKR SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo Tahun 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Sudjiono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Tutut kurniawan. 2015. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ips Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 1(1).
Wahyuningsih, E.T. 2015. Skripsi. Analisis Butir Soal Tes Objektif Buatan Guru Ulangan Semester Ganjil Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Mlati Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta.
Warmi, A., Adirakasiswi, A.G., & Imami, A.I. 2019. Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Smp Berdasarkan Level Berpikir. Jumlahku (Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan), 5(2): 53-63.
Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. 2018. Analisis Soal Modul Laboratorium Fisika Sekolah I Menggunakan Racsh Model. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1).
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.