HUBUNGAN NILAI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN POLA ASUH ORANG TUA
Abstract
Tujuan riset ini untuk mengenali apakah terdapat hubungan nilai belajar matematika siswa dan pola asuh orang tua. Riset mengadaptasi kuesioner dari Puspicahyani (2006) serta didistribusikan kepada 60 siswa kelas V SD Advent Unklab Airmadidi untuk mengenali adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap nilai belajar Matematika. Riset ini merupakan penelitian deskripstif kuantitatif, digunakan untuk menanggapi rumusan permasalahan. Hasil riset ini mengindikasikan pola asuh orang tua yang dilihat dari 3 model pola asuh ialah otoriter, demokratis serta permisif, yang dominan merupakan pola asuh demokratis dengan menggunakan spearman r’ho p=.350 Perihal ini berarti orang tua siswa kelas V SD Advent Unklab Airmadidi lebih dominan dalam mempraktikkan pola asuh demokratis. Berikutnya buat tingkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika nilai Meter= 83.4, yang maksudnya kalau siswa mempunyai hasil yang baik pada mata pelajaran Matematika. Hasil dari riset ini meyakinkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan Nilai belajar Matematika siswa.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Astuti, C. (2017). Analisis korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antara Keaktifan Mahasiswa. Journal of Information Computer Technology Education, 1. https://www.researchgate.net/publication/321386969.
Besse, P. (2015). Pengaruh pola asuh orang tua, gaya belajar dan prestasi matematika Siswa MTsN. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3, 6-7. http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2727.
Desi, K.S,. Sri, S., & Anni, S. (2018). Pola asuh orang tua pada anak yang berperilaku agresif. Jurnal Ilmiah Potensia. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2702
Elyawati, R. & Meiyunitariningsih T,. (2018). Peran orang tua terhadap prenstasi anak Abdikarya, 1. https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b- d&q=penelitian+dari+eliyawati+dan+meiyuntariningsih+2018&spell=1&sa= X&ve d=2ahUKEwjX_4LqvJvwAhWM63MBHbSsDRUQBSgAegQIARAw&biw=1203 &bih=648
Fathi. (2011). Mendidik anak sejak dari janin . Jakarta : Coasis
Fitasari, D.P., Wayan, S., & Agustika, S.N.G. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa dengan efikasi diri intervening Internasional journal of Elementary Education, 3, 411
Hasmiah. M., & Sri, S. (2013). Faktor faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 1, 152. http://journal.uin alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/1136
Komari, P. N. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orangtua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pujangga, 1. http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320
Margunayasa, G., & Nyoman, K. (2020). Hubungan antara pola asuh orang tua dan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4, 24. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/24273
Ngalim, P. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Jakarta : Rineka
Nasution, S. (1999). Sosiologi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara
Priyono, M. (2016). Metode penelitian kuantitatif file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/METPENKUANTITATIFFULL.pdf
Sari, N.D., Sinaga, S.L., & Evi, L. (2016). Komunikasi bimbingan orang tua pada anak dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika. Professional FIS UNIVED, 58. https://core.ac.uk
Sinta, M. (2013). Metode penelitian kualitatif.Retrieved fromhttp://repository.upi.edu/1605/6/S_ADP_0705056_Chapter3.pdf
Slamato.L.E. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan kombinasi (Mixed Methods). Retrieved from file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/196-1-577-2-10- 20171106.pdf
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kemandirian belajar. Jurnal formatif, 1, 29-39.https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/61
Syafi, A., Tri, M & Kholidatur, R. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan,2, 116. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114
Turibius, R. (2018). Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. http://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/216/147
Ursula, R.A., Heru, S,. & Ema, M. (2008). Hubugan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa. https://jurnal.ugm.ac.id/jik/article/view/10299/7782, 128.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter usia dini . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Winkel, W. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Wiyani, A., Novan. (2014). Mengelola dan mengembangkan kecerdasan sosial dan emosi anak usia dini . Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Yayu, Z.,Yusmansyiah & Mayasari, S. (2018). Hubungan pola asuh orang tua tehadap prestasi belajar siswa. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/102.
Yusuf. (2001). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung : Rosda Karya, cetakan kedua.
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.