Pembelajaran dengan Model Eliciting Activities (Meas) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group designengan populasi penelitiannya yaitu kelas eksperimen IVD terdiri 37 orang dan kelas kontrol IVE terdiri 38 orang. Instrumen tes mencakup tes kemampuan penalaran matematik dengan indikator dan variabel yang diukur adalah tingkat kemampuan penalaran matematis yang meliputi nilai pretest, posttest dan n gain. Data diolah menggunkan Software SPSS versi 22 for Windows, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematik mahasiswa yang memperoleh pembelajaran MEAs lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Ekspositori.Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran MEAs dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya mata kuliah Matematika Ekonomi.
Downloads
References
Aini, I. (2013). Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Matematis.Tesis Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.
Hanifah. (2017). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prosiding Senamas 2017. Makasar
Lestari, K, dan Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematik. Bandung: Refika Aditama.
Lestari, K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Model Eliciting Activities. Tesis STKIP Siliwangi. Bandung: Tidak diterbitkan.
Setyono (2008). Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika STKIP-Subang: Tidak diterbitkan.
Suherman, Erman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA-UPI Bandung.
Suherman, Erman.,et.al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Komtemporer. Bandung: JICA-UPI Bandung.
Sumarmo, Utari. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumarmo, U. (2013). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Zulkarnaen, R (2015). Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kreativitas Matematis pada Siswa Kelas VIII pada Satu Sekolah di Kabupaten Karawang.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 4, No.1, Februari 2015.
Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.