PENGGUNAAN CLARISKETCH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA TEKS DESKRIPTIF SISWA KELAS IX SMPN 1 CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada mengkaji pengaruh pengunaan aplikasi android bernama Clarisketch untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Sunda, jenis teks deskriptif siswa kelas IX di SMPN 1 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Clarisketch dijadikan alat bantu dalam pembelajaran dikarenakan tidak mudahnya bagi siswa untuk menghasilkan teks ragam lisan tanpa menggunakan alat bantu visual yang membantu menghasilkan produk bahasa secara produktif. Mengacu pada latar belakang dan kegunaan dari Clarisketch, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Clarisketch pada aspek: 1) mendukung kelancaran berbicara, 2) penggunaan kosa kata yang digunakan pada saat berbicara, dan 3) pengurangan filler pada saat berbicara dalam bahasa Sunda. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan subyek diberi aplikasi Clariskecth sebagai alat bantu pada saat berbicara. Sebanyak 32 orang siswa kelas IX SMPN 1 Ciawigebang Kabupaten Kuningan berperan sebagai subyek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Clarisketch efektif dalam memfasilitasi dan membantu siswa dalam berbicara ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang berada pada kategori Baik dan Sangat Baik, 2) berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa siswa merasa lebih percaya diri ketika berbicara dengan menggunakan Clarisketch, dan 3) siswa dari kelompok pembelajar yang lambat dapat menggunakan struktur teks yang benar dan berterima untuk mendeskripsikan kampung adat.
References
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education . New York: Routledge, Taylor &Francis Group e-Libarary.
Derewianka, B. (2018). Text Type. RELC Journal, 133-155. doi:DOI: 10.1177/003368820303400202
Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre, Text, Grammar: Technologies for teaching and assessing writing. Australia: National Library of Australia.
Martin, J., & Maton, K. (2017). Rethinking Field and Knowledge Structure. Research Gate, SFL:12-45.
rcampus. (2020, Februari 02). Grading Criteria for Speaking Test. Diambil kembali dari https://www.rcampus.com/rubricshowc.cfm?sp=yes&code=L47B46&: https://www.rcampus.com/rubricshowc.cfm?code=L47B46&sp=yes
Copyright (c) 2020 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya