Kajian Antropologi Sastra terhadap Novel fina Kalangkang Panjara Karya Ahmad Bakri

  • Trisilas Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Latar belakang kajian ini adalah untuk mengungkap aspek-aspek kemasyarakatan yang terdapat dalam novel Dina Kalangkang Panjara karya Ahmad Bakri dengan menggunakan pengkajian antropologi sastra. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur cerita dan aspek antropologi sastra yang terkandung dalam novel tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik studi pustaka. Secara garis besar, hasil dari kajian ini dibagi menjadi dua, yaitu pertama, bahwa novel Dina Kalangkang Panjara karya Ahmad Bakri memiliki struktur cerita yang terdiri atas tema, fakta cerita (alur, karakter, latar), dan sarana sastra (judul, sudut pandang, dan gaya bahasa). Kedua, dalam novel ini ditemukan empat aspek antropologi sastra, yaitu masa lampau, kearifan lokal, folklor (sastra lisan dan tradisi lisan), dan mitos. Oleh sebab itu, novel ini dipandang dapat menambah pengalaman batin pembaca melalui aspek-aspek yang terkandung di dalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, S., & Cahyono, B. E. H. (2017). Alamsyah Z., & Suherman, A. (2022). Kearifan Lokal dalam Dua Novelet Anak Karya Dadan Sutisna. Jentera: Jurnal Kajian Sastra,11(2), 427-437.

Cumana, W. N., Suherman, A., & Koswara, D. (2024). Moral Guidelines for Women in Wawacan Pranata Istri ka Carogé Manuscript. Jurnal Sastra Indonesia, 13(1), 32-42.

Febriyanto, D., Nurjana, K., Anista, E., & Mardiansyah, D. (2021). Kearifan lokal dalam Hikayat Komering Pitu Phuyang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(3), 321-334.

Hendriana, R., & Herman, H. (2021). Desain pembelajaran sastra berbasis kearifan lokal (cerita rakyat dan konsep maja labo dahu) sebagai upaya penanaman pendidikan karakter. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2).

Hidayatullah, A. (2018). Tema dan gaya bahasa puisi siswa SMP: kajian struktural. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(2), 1-11.

Ihsan, B., & Sisfiyah, Z. (2018). Kajian antropologi sastra dalam novel Ranggalawe: Mendung di Langit Majapahit karya Gesta Bayuadhy. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 33-40.

Isnendes, R. (2023). Wacana perempuan Sunda bihari, kamari, dan kiwari dalam kajian antropologi sastra (pp. 1–19).

Kartikasari, R., Anoegrajekti, N., & Maslikatin, T. (2014). Realitas sosial dan representasi fiksimini dalam tinjauan sosiologi sastra. Publika Budaya, 2(1), 50-57.

Koswara, D., Haerudin, D., Hyangsewu, P., & Suherman, A. (2020). Nilai Kearifan Lokal dalam Naskah Sunda Kuno Wawacan Kean Santang di Kabupaten Purwakarta (Kajian Filologi dan Etnopedagogi). Metasastra, 12(2), 101-108.

Koswara , D., Dallyono , R., Suherman , A., & Hyangsewu , P. (2021). The Analytical Scoring Assessment Usage to Examine Sundanese Students’ Performance in Writing Descriptive Texts. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 573-583.

Kustanti, M. C. (2016). Tema dan pesan dalam fungsi media pada novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata (analisis wacana pragmatik). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 186-195.

Lestari, U. F. R. (2014). Mitos Asmat “Fumiripits” dalam kajian antropologi sastra Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 2(1), 17-28.

Marsila, P. (2019). Transformasi sastra Sunda modern pada abad ke-19 sampai 20 M. Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah, 3(1), 35-52.

Nasution, N. Y., & Sudarti, N. (2020). Analisis novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas dalam kajian strukturalisme Robert Stanton. Jurnal Komunitas Bahasa, 8(2), 55-66.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.

Nurmala, R. T., & Suherman, A. (2021). Aspek sosial dalam kumpulan cerita pendek Layung karya Aam Amilia. Lokabasa, 12(2), 169-180.

Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis cerpen (studi korelasional pada siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 249-258.

Putri, M. P. (2017). Realitas sosial dalam novel Kelomang karya Qizink La Aziva (kajian realisme sosialis Georg Lukacs). Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 1-11.

Rahayu, I. (2021). Analisis Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer dengan pendekatan mimetik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 44-59.

Ramadhani, A., & Suherman, A. (2022). Aspek Psikologi Sosial dalam Dongeng Nyi Kalimar Bulan. Lokabasa, 13(2), 162-171.

Riyadi, I., Priyadi, A. T., & Seli, S. (2017). Analisis struktur alur dalam novel Pergolakan karya Wildan Yatim. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1-18.

Simanungkalit, K. E., Tampubolon, T. C., Panggabean, L., Sihite, I., & Simanjuntak, B. (2024). Pentingnya kearifan lokal: meningkatkan kualitas kurikulum merdeka dengan karya sastra. Jurnal Basicedu, 8(2), 1446-1453.

Suherman, A., Ma’mun, T. N., Darsa, U. A., & Ikhwan, I. (2021). The Values of Local Wisdom in Wawacan Pandita Sawang Manuscripts. Lokabasa, 12(2), 233-243.

Supriyadi. (2017). Community of practitioners: solusi alternatif berbagi pengetahuan antar pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 2(2), 83.

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2018). Model pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255-270.

Rini, D. S. (2021). Kalimat ekspresif dalam novel Puputon karya Aam Amilia. Lokabasa, 12(2), 150-159.

Robby, K. K., Isnendes, R., & Suherman, A. (2021). Citra perempuan dalam roman pendek Pileuleuyan karya Yus Rusamsi. Lokabasa, 12(1), 60-72.

Solahudin, D., Misdalina, M., & Noviati, N. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya minat baca pada siswa kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1404-1407.
Published
2025-04-30
Section
Articles
Abstract viewed = 38 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 28 times