PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LURAGUNG
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti laksanakan di SMP Negeri 1 Luragung Kabupatén Kuningan, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pangaruh métode pangajaran inkuiri térbimbing kana kamampuh nulis karangan déskripsi siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Luragung ?. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pangaruh métode pangajaran inkuiri térbimbing kana kamampuh nulis karangan déskripsi siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Luragung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa VIII SMP Negeri 1 Luragung yang berjumlah 300 siswa. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, dimana peneliti memilih secara acak sampel penelitian sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional.
References
Amelia, Titin. Panduan Menulis untuk Pemula. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2007
Anggarini. Panduan Menulis untuk Pemula. Yogyakarta, Pustaka Pelajar : 2006
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta, 2010.
Azizah. Peningkatan Keterampilan Menulis. Semarang : 2007
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1989.
Hadi, Sutrisno. Metode Penelitian. Bandung : Remaja Rosda Karya, 2003.
Iskandarwassid, ed. Raksarasa, Bandung, Geger Sunten, 2004.
da Modern. Bandung: JPBD 2010
Kuncoro, Mudrajad. Mahir Menulis (Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom dan Resensi Buku. Jakarta : Erlangga : 2009
LBSS. Kamus Umum Basa Sunda, Bandung, Tarate, 1995.
Marahimin, Ismail. Menulis secara Populer. Jakarta, Pustaka Jaya : 2009
Mulyasa. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara : 2007
Nasir, Muhammad. Metode Statistika. Bandung : Pustaka, 2003
Nurgana, Endi. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Tarsito, 2000
Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya : 2011
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group : 2010
Sudaryat, spk. Makaya Basa jeung Sastra Sunda. Bandung: UPI Press Bandung, 2005
Sugiono. Statistik untuk penelitian. Bandung. Alfhabeta, 2010
Suryanto, Alek. Panduan Belajar Bahasa dan sastra Indonesia Untuk SMP dan MTs Kelas VIII. Bandung: Erlangga. 2004
Syah, Muhibbin. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Rineka Cipta : 2001.
Tarigan. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008
Copyright (c) 2016 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya


1.png)






