NILAI MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN CÉNTANGBARANG KARYA ASIKIN HIDAYAT UNTUK BAHAN AJAR MEMBACA CERPEN DI KELAS VII SMP/MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seluruh nilai moral yang terkandung dalam setiap carpon yang terdapat dalam kumpulan carpon Céntangbarang karya Asikin Hidayat untuk digunakan sebagai alternatif bahan ajar membaca carpon di kelas VII SMP/MTs. Namun sebelum membahas mengenai nilai moral, dalam penelitian ini mendeskripsikan struktural ceritanya terlebih dahulu, yang meliputi: téma, tokoh, alur, latar dan amanat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Berdasarkan hasil analisis struktur cerita, secara umum téma yang ada adalah tentang kehidupan sosial. Terdapat 121 tokoh, yang terbagi menjadi 12 tokoh utama, 32 tokoh kedua, dan 77 tokoh tambahan. Memiliki 7 alur maju, 4 alur campuran, dan satu alur mundur. Terdapat 225 latar yang terbagi menjadi 110 latar tempat, 55 latar waktu dan 60 latar sosial serta memiliki 20 amanat. Dari keseluruhan carpon terkandung 54 indikator nilai moral yang terdiri dari 14 nilai moral seperti, nilai kesetiaan, rasa sayang, kejujuran, menerima takdir, rendah hati, kesadaran, keberanian, kesopanan, kebijaksanaan, religi, saling menghargai, berbakti, dan saling tolong menolong. Dari 54 indikator ada 43 indikator positif (79,55%) dan 11 indikator negatif (20,35%). Dan berkaitan dengan kegiatannya terungkap 51 (94,35%) indikator horizontal, yang terbagi menjadi 41 (75,85%) indikator positif dan 10 (18,5%) indikator negatif, serta terungkap 3 (5,55%) indikator vertikal yang terbagi menjadi 2 (3,7%) indikator positif dan 1 (1.85%) indikator negatif. Dari seluruh hasil analisis serta kriteria memilih bahan ajar membaca carpon, buku kumpulan carpon Céntangbarang karya Asikin Hidayat cocok untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar membaca carpon di kelas VII SMP/MTs.
Downloads
References
Elly M. Setiadi et al. Ilmu Sosial dan Budaya dasar, (Bandung: Kencana Prenada Media Grup, 2007), halaman 31
Iskandarwassid, Kamus Istilah Sastra, Bandung: CV. Geger Sunten, 1992, halaman 113.
Isnendes, Retty, Téori Sastra, Bandung: CV. Wahana Karya Grafika, 2010, halaman 29.
Ratna, Nyoman Kutha, Téori, Métode, dan Téknik Penelitian Sastra, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011, halaman 53.
Sugiono, Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabet, 2009, halaman 224.
Suyatna, Amir, Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan, dan Pengajaran Bahasa, Bandung: FPBS UPI, 2002, halaman 19.
Copyright (c) 2015 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya