PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BASA SUNDA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUBANG
PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BASA SUNDA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menentukan hasil belajar siswa sebelum belajar jarak jauh siswa kelas XI SMAN 1 Subang, (2) menentukan hasil belajar siswa sesudah belajar jarak jauh siswa kelas XI SMAN 1 Subang, (3) menetukan pengaruh belajar jarak jauh pada hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Subang Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif yang tujuannya untuk mencari informasi tentang hasil nilai siswa yang menunjukan kemampuan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Sunda. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) hasil belajar Bahasa Sunda siswa Kelas XI SMAN 1 Subang sebelum PJJ tinggi dengan nilai rata-rata 82,86 dan standar defiasinya 2,180, (2). hasil belajar Bahasa Sunda siswa kelas XI SMAN 1 Subang ketika PJJ tinggi yang rata-ratanya 82,97 dan standar defiasinya 4,299, (3). ada pengaruh PJJ pada hasil belajar siswa dalam pelajaran Basa Sunda. Ada kenaikan nilai rata-rata walaupun tidak signifikan.
Downloads
References
Abdurahman, M. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.
Dimyati, M. 2006 Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Jamaludin, J. 2020 Analisis Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sidamulya. STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Mardalis. 1995. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta. Bumi Aksara.
Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta. Rineka Cipta
Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Munir. 2009. Pangajaran Jarak Jauh Daring dan Komunikasi (TIK).
Muhajir. 1995. Metodolgi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Reka Serasih
Pramswari, L.P. 2014. Pembelajaran Bahasa Sunda di Wilayah perbatasan: Dilema implementasi Kurikulum 2013.
Purwanto, A, spk. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Purwanto, A, spk. 2020. Study Eksplorasi Dampak Pandemi Vovid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di SD. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press
Silaen Sofar dan Widiyono. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: In Media.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumanto. 1995. Metodologi Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta. Andi Offeet.
Taradisa, spk. 2020.Kendala yang Dihadapi guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 5 Banda Aceh.
Shopyah,S. 2016.Pengaruh Penggunaan Android sareng E- Pembelajaran pada Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang.
Wita. S. 2009. Pengaruh Penggunaan Metode Distance Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Study Pendidikan Agama di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo untuk Siswa Kelas XI.
Copyright (c) 2021 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya