ASPEK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERITA ANAK NGALA JANGKRIK KARYA HOLISOH ME
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek sosial yang terdapat dalam kumpulan cerita anak Ngala Jangkrik karya Holisoh ME. Métode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah mengumpulkan data, menganalisis dan mendeskripsikan data. Adapun teknik yang digunakan adalah studi pustaka. Sumber data utama adalah kumpulan cerita anak Ngala Jangkrik karya Holisoh ME. Hasil penelitian ditemukan tiga aspek sosial yaitu aspek sosial agama, aspek sosial ekonomi, dan aspek sosial pendidikan. Kumpulan cerita anak Ngala Jangkrik karya Holisoh ME memiliki 9 sub judul cerita, 8 di sub judul di antaranya mengandung aspek sosial agama yang terdiri atas 20 aspek sosial agama. Selain itu dalam 8 sub judul tersebut terdapat tiga aspek kelas sosial, yaitu aspek sosial ekonomi kelas atas, menengah, dan aspek sosial ekonomi kelas rendah dengan jumlah 21 aspek sosial ekonomi. Kemudian aspek sosial pendidikan terdapat dalam 9 sub judul cerita dengan jumlah 16 aspek sosial pendidikan.
References
Isnendes. Rettu. 2010. Teori Sastra. Bandung: JPBD DPBS UPI.
Linarwati, Mega, Dkk. 2016. Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya
Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega Cabang Kudus. Jurnal Of Management, 2(2).
Holisoh, ME. 2018. Ngala Jangkrik. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Parlina, Dkk. 2019. Novél Carita Si Dirun Karya Samsoedi Pikeun Bahan Pangajaran Maca di SMP. Dangiang Sunda, 7(3).
Prasetiyo, D. 2017. Analisis Aspek Sosiologi Sastra dalam Kumpulan cerita anak Kidung Cinta Buat Pa Guru Karya Mira. Jurnal Sekolah, 2(1).
Sari, K. 2019. Aspek Sosial dina Kumpulan Carita Budak Ulin Di Monumén Karya Tétty Hodijah. Dangiang Sunda, 7(3).
Suherman, Agus. 2018. Jabar Masagi: Penguatan Karakter Bagi Generasi Milenial Berbasis Kearifan Lokal. Lokabasa, 9(2), 107.
Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271. https://doi.org/10.31686/ijier.Vol7.Iss3.1377.
Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). Culture and Citizenship Literacy in Sundanese Children's Literature. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.
Suherman, Agus & Suharno. 2020. The Nationalism Values in Pupuh Lyrics for Elementary School Students. Proceedings The 2nd International Conference on Elementary Education (ICEE) (hlm. 1496-1506). Bandung: UPI.
Widia, R. Widowati. 2015. Protea Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek Mati Baik-baik, Kawan KaryaMartin Aleida : Pendekatan Sosiologi Sastra. Carak
Copyright (c) 2020 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya