NILAI PENDIDIKAN SOSIAL DALAM CERITA DIRAWU KÉLONG KARYA AHMAD BAKRI
Abstract
Membaca merupakan kegiatan yang cukup membosankan bagi kebanyakan anak, karena kegiatan ini hanya ditafsirkan secara tertulis tanpa ada visual gambar. Di sisi lain, menanamkan rasa ingin membaca sejak dini sangat penting, oleh sebab itu dibuatlah pembelajaran sastra anak. Dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan struktural, kajian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui fungsi dan peran membaca dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi anak-anak; 2) mengetahui pentingnya nilai-nilai sosial yang terkandung dalam buku terhadap masyarakat khususnya anak-anak; 3) Mengetahui strategi literasi dalam meneliti suatu bahan bacaan bagi anak-anak. Dari hasil analisis menunjukan bahwa peran membaca sangat penting dan berdampak besar bagi masyarakat khususnya anak-anak. Banyak hal yang diperoleh dari bahan bacaan, bagi anak misalnya, menjadi lebih paham tentang sikap saling tolong-menolong, menghormati sesama, dan menjaga lingkungan.
Downloads
References
Bakri, A. (2013). Dirawu Kélong. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Damono, S. Dj. (2003). Sosiologi Sastra. Semarang: Magister Ilmu Susastra Undip. ___. “Kita dan Sastra Dunia.” Makalah Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Budaya. Tanggal 29 Oktober 2009: Fakultas Ilmu Budaya, Undip, Semarang [online] 8 April 2020. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/4002/3678
Haerudin, D., Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). The Quality and Values of Character Education in Sundanese Language Text Book of the 2013 Elementary School Curriculum. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.
Isnendes, R. (2010). Teori Sastra. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Tim KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] 8 April 2020. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Misbah, S. (2017). Analisis Stuktural dan Nilai Pendidikan Sosial Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta http://repository.upy.ac.id/1655/1/ARTIKEL.pdf
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro, B. (2005). Tahapan Perkembangan Anak dqn Pmilihan Bacaan Sastra Anak. FBS Universitas Negeri Yogyakarta. Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No. 2 [Online] 8 April 2020.https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/369
Puryanto, E. (2008). Konsumsi Anak Dalam Teks Sastra di Sekolah [Online] 8 April 2020. https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/6
Roysa, M. (2017). Analisis Buku Bacaan Anak “Belajar Sambil Beternak Ayam” Berdasarkan Pendekatan Struktural.
Sarumpaet, R.K. (2010). Pendoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Suherman, A. (2018). Jabar Masagi: Penguatan Karakter Bagi Generasi Milenial Berbasis Kearifan Lokal. Lokabasa, 9(2), 107.
Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). Culture and Citizenship Literacy in Sundanese Children's Literature. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.
Waluyo. S. (2012). Noktah Hitam Agama Dalam Cerpen Madam Baptiste (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra). UNDIP.[Online] 8 April 2020. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/4002
Copyright (c) 2019 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya