KUMPULAN CERPEN DI ANTARA TILU JAMAN KARYA AAM AMILIA UNTUK BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA
(ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI ETNOPEDAGOGI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur cerita dan nilai etnopedagogi dalam kumpulan cerpen Di antara Tilu Jaman karya Aam Amilia, serta penerapan bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik mengumpulkan data menggunakan teknik studi pustaka, sedangkan teknik mengolah data dengan teknik analisis. Hasil dari penelitian ini adalah (1) struktur cerita, tema dalam cerita ini umumnya sosial tentang kehidupan di masyarakat; alurnya disusun berdasarkan rentetan kejadian-kejadian di dalam cerita; tokoh dalam cerita ini ada tokoh utama dan tambahan; latar yang ditemukan adalah latar waktu, latar tempat, dan latar sosial; judul dalam kumpulan cerpen memiliki tingkatan makna tersendiri; sudut pandang dalam cerita ini terdiri atas orang pertama-utama, orang pertama-sampingan, orang ketiga-tak terbatas, dan orang ketiga-terbatas. (2) Nilai etnopedagogi (moral kemanusiaan) yang terlihat adalah nilai moral manusia kepada Tuhan dalam dua cerpen, nilai moral manusia kepada diri sendiri dalam dua cerpen, nilai moral manusia kepada sesama dalam lima cerpen, nilai moral manusia kepada alam tidak terdapat dalam cerpen ini, nilai moral manusia terhadap waktu terdapat dalam satu cerpen, nilai moral manusia dalam mengejar kepuasan lahiriah dan batiniah terdapat dalam satu cerpen. (3) Bahan ajar, dalam cerita ini ada dua cerpen yang sesuai dengan kriteria bahan ajar dan bisa dijadikan alternatif bahan ajar apresiasi sastra di kelas XI SMA. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan tentang apresiasi karya sastra khususnya cerpen.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2017). Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal. Jawa Barat.
Eryanti, N. W. (2015). Analisis Struktur dan Nilai Moral dalam Kumpulan Naskah Drama “Kalangkang Urang” Karya Arthur S. Nalan. Jurnal: Universitas Pendidikan Indonesia. DANGIANG SUNDA. Vol. 3. http://antologi.upi.edu/main/antologi/C025/view/824/analisis-struktur-dan-nilai-moral-dalam-kumpulan-naskah-drama-%E2%80%9Ckalangkang-urang%E2%80%9D-karya-arthur-s.nalan.html. diakses 7 September 2018.
Haerudin, D. & Kardana, K. (2013). Panganteur Talaah Buku Ajar. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Haerudin, D., Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). The Quality and Values of Character Education in Sundanese Language Text Book of the 2013 Elementary School Curriculum. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.
Isnendes, R. (2010). Teori Sastra. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Koswara, D. (2013). Racikan Sastra: Pangdeudeul Bahan Perkuliahan Sastra Sunda. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ratna, N. K. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sapdiani, R. dkk. (2018). Analisis Struktural Dan Nilai Moral Dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana. Jurnal: IKIP Siliwangi. Vol. 1. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/79/pdf. diakses 12 September 2018.
Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Sudaryat, Y. (2015). Wawasan Kasundaan. Bandung: FKIP-UPI.
Suherman, A. (2018). Jabar Masagi: Penguatan Karakter Bagi Generasi Milenial Berbasis Kearifan Lokal. Lokabasa, 9(2), 107.
Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271. https://doi.org/10.31686/ijier.Vol7.Iss3.1377.
Copyright (c) 2019 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya