PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA BERBASIS FLASH SISWA KELAS IV SDN 1 GARAWANGI
Abstract
Penelitian ini dilakukan karean ada nya permasalahan dalam pemebelajaran aksara Sunda dalam materi membaca dan menulis aksara Sunda siswa sulit memahami aksara Sunda dan guru kurang menguasi materi menulis aksara Sunda ,karena kurangnya media pembelajaran aksara Sunda. Adapun tujuan dai penelitian ini yaitumengasislkan media pembelajaran berbasis flash untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah research and development. Hasil Penelitian tahap validasi oleh ahli materi nilai 79,5% dengan kategori sangat baik. validitas ahli media nilai 106% dengan kriteria valid/ baik epektif dan media ini diuji cobakan pada subjekpenelitian yaitu siswa SDN 1 Garawangi dengan nilai 79%. Berdasarkan hasil uji coba tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis flash memenuhi kriteria untuk dijadikan media dalam proses pemebelajaran.
Downloads
References
Adobe. (2016, 06 09). Adobe Animate. Retrieved from http://www.adobe.com/sea/products/animate.html: http://www.adobe.com/
Alwasilah, A. Chaedar. 2007. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat.
Anggoro, M. Toha. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anwar, Kasful jeung Hendra Harmi. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
-------------. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Atmamihardja, Ma’mun. 1958. Sadjarah Sunda. Bandung-Jakarta: Ganaco.
Asep , H. S., & Wahyud. (2016, 06 09). ADOBE. Copyright © 2015 www.jurnalkomputer.com , pp. 1-7.
Bell, D. (2003). UML basics: An introduction to the Unified Modeling Language. IBM Rational Software.
Bennett, S. M. (2012 ). The Effects Of Computer Assisted Instruction On Rural Algebra I Students. United States: Northern Michigan University.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Danadibrata. 2009. Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat.
Dimyati, jeung Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Doering, A. &. (2009). Teaching with Instructional Software. Computer Power and Human Reason, 74.
Dwiloka, Bambang, jeung Rati Riana. 2012. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.
Eddy Prasetyo Nugroho, K. R. (2009 ). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Politeknik Telkom.
Ekadjati, Edi S. 2001. Kamus Bahasa Naskah & Prasasti Sunda Abad 11 s.d. 18. Bandung: Bejana Compugraphic.
Fajri, Em Zul jeung Ratu Aprilia Senja.2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.
Genesee, Fred, jeung John A. Upshur. 1998. Classroom-Based Evaluation In Second Language Education. United Kingdom: Cambridge University Press.
Idin, B., Undang, A. D., Oman, A., Tedi, P., Gugun, G., Agus, S., . . . Dadan, S. (2008). Direktori Aksara Sunda untuk Unicode. Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Izham, D. (2016, 06 09). http://mirror.unej.ac.id/iso/dokumen/pdf2/BAB_1_Pengenalan-Adobe-Flash.pdf. Retrieved from mirror.unej.ac.id: http://mirror.unej.ac.id/iso/dokumen/pdf2/BAB_1_Pengenalan-Adobe-Flash.pdf.
Jauhari, Heri. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: CV. Pustaka Setia.
John Gultig. 2002. Using Media in Teaching. Braamfontein: SAIDE.
Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FPBS Universitas Pendidikan Indonesia. 2008. Palanggeran Ejahan Basa Sunda. Bandung: Sonagar Press.
Keraf, Gorys. 1970. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Kuryanti, S. J. (2015). Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Pelaksanaan LBSS. 1995. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung: Tarate.
Martono, G. H. (2016, 06 09). Tren Cloud Computing. ilmukomputer.com, pp. 1-9.
Meigs, Divina Frau. 2006. Media Education A Kit For Teachers, Parents, and Professionalis. Paris: L’exprimeur
Meinarini , C. U., & Yoga, T. H. ( 2014). Penerapan Waterfall Dalam Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Dokumen Surat Menyurat Pada Bank Bjb Kantor Cabang Bsd Tangerang. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 12, No. 1, 129 - 135 .
Merentek, R. M. (2012). Pembelajaran Berbasis Komputer Sarana Multimedia Dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5.
Mulyadi, Sri Wulan. 1994. Kodikologi Melayu di Indonesia. Depok: Fakultas Sastra Unversitas Indonesia.
Nazimuddin, S. (2015). Computer Assisted Instruction (CAI): A New Approach in the Field of Education. International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER), 185 of 188.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nurseto, T. (2011 ). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1-17.
Nurseto, T. (2011, April). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8.
Permadi, Tedi Spk. 2000. Aksara Sunda. Bandung: Yayasan Galura.
Pidara, Made. 2005. Perencanaan Pndidikan Partisipasi dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahman. 2007. Model Mengajar dan Bahan Pembelajaran. Bandung: Alaprint Jatinangor.
Reeves, Thomas C. 1998. The Impact of Media and Technology in Schools A Research Report prepared for The Bertelsmann Foundation. Georgia: The University of Georgia.
Ruhaliah. 2012. Transliterasi, Edisi, dan Terjemahan: Aksara Sunda Kuna, Buda, Cacarakan, dan Pegon. Bandung: CV. Wahana Karya Grafika.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Somantri, Ating jeung Sambas Ali Muidin. 2006. Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sudaryat, Yayat, jeung Rahman. 2009. Model-Model Pembelajaran Bahasa dan sastra Sunda. Bandung: CV. Wahana Karya Grafika.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistk Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2011. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana jeung Ahmad Rivai. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudrajat, Akhmad. 2011. Kurikulum & Pembelajaran Dalam Paradigma Baru. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kuali
Suharsaputra, Uha. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT.Rafika Aditama.
Syamsudin. 2007. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. REMAJA ROSDAARYA.
Copyright (c) 2017 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya