Peranan Maket Pintarku untuk Aspek Perkembangan Anak di TK ABA Kalangan Bantul DIY
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aspek perkembangan bagi anak usia dini melalui penerapan penggunaan alat permainan maket pintarku di TK ABA Kalangan Bantul DIY. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat permainan maket pintarku media pembelajaran ini sudah layak digunakan karena alat permainan ini multiguna dan dapat digunakan dalam menstimulasi aspek-aspek perkembangan peserta didik. Alat permainan ini merupakan alat permainan yang efektif guna mengenalkan konsep angka, huruf, serta warna yang dibuat menarik yang tidak membosankan bagi anak .Seiring dengan penggunaan alat permainan edukatif (APE) maket pintarku ini dapat meningkatkan seluruh aspek perkembangan anak pada kelompok B2 di TK ABA Kalangan Banguntapan Bantul DIY pada tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci : aspek perkembangan, konsep angka dan huruf, maket pintarku
Downloads
References
Astuti, Kade. (2012). “Penerapan Metode Bermain dengan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok A TK Sutha Kertya Banjar Tegehan Kecamatan
Banjar Kabupaten Buleleng Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Undiksha Singaraja
Badru Zaman. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Badru Zaman. (2006). Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Anak Taman Kanak-kanak, (Online)
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Didaktik Metodik di TK. Jakarta
Dian Wulandari. (2015). Evaluasi Penerapan Beyond Centers and Cicrle Time Pada Pembelajaran Kelompok B. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Hurlock, E. (1995). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Juliansyah Noor. (2013). Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana,
Lexy J. Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexi. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nasution S. (1991). Metode penelitian Naturalistik Kualitatif , Bandung: Tarsito.
Riany Ariesta. (2009). Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar untuk Anak Usia 0-1 Tahun, Bandung: PT. Sandiarta Sukses.
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Usep Kustiawan, Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Malang: Gunung Samudera, 2016.
Badru Zaman. (2011). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud).
Copyright (c) 2019 Meyda Setyana Hutami, Suyadi Suyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.