Pola Asuh Orang Tua Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Golo Lambo Kecamatan Satarmese
Abstract
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu terdapat empat orang anak yang berusia 5-6 tahun tidak menolong teman kalau temanya jatuh pada saat bermain, dua orang anak tidak berbagi dengan teman kalau makan jajan, dan pelit mainan ketika teman pinjam, dua orang anak cenderung bermain sendiri di halaman rumahnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagiamana pola asuh orang tua anak usia 5-6 tahun di Desa Golo Lambo Kecamatan Satarmese. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Waktu penelitian 12 hari terhitung dari tanggal 01-12 Mei 2024. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang tua anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara sebagai metode utama dan observasi sebagai metode pendukung. Teknik analisis data dalam hal ini terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh orang tua anak usia 5-6 orang tua menerapkan tiga pola asuh sekaligus terhadap anak yakni (1) pola asuh otoriter. (2) pola asuh demokratis. (3) pola asuh permisif.
Downloads
References
Apologia. (2023). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Di TK AS Salim Kemiri Sidoarjo. Reebat Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 16.
Apriastuti. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan. Bidan Prada : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 1.
Aryanti, N. &. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. CERDAS: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.
Ayun. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula, 102.
Dhani, d. (2023). Literature Review : Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini . INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 438.
Dhiu, d. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2807.
Fitriya, d. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 1.
Karamoy. (2018). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Educazione, 112.
Mulyadi. (2018). Eksistensi Anak Usia Dini Berkarakter Mandiri Berbasis Pola Asuh Demokratis Orang Tua. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 19.
Mulyeni, d. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Pada TK Tarbiyatul Athfal Garut). Indonesian Journal of Social Science (IJSS), 49.
Nadhifah, d. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio, 91.
Oktafira, W. &. (2024). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 35.
Rohayani, d. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 25.
Rohmah, M. &. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Pucanganom Kebonsari Madiun. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 2776.
Sari. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 76.
Sari, d. (2018). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif (Studi Deskriptif Kuantitatif Di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 1.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2025 Mardina Angkur, Maria Delvinda, Elisabeth Sarinastitin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.