Perspektif Orang Tua Tentang Bullying pada Anak
Abstract
Kata Bullying sudah sangat sering kita dengar akhir-akhir ini. Peristiwa Bullying semakin marak terjadi, bukan hanya terjadi pada orang dewasa bahkan pada anak usia dini juga sudah sering kita dengarkan berita terkait Bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perspektif orang tua terkait Bullying pada anak usia dini. Subyek penelitian ini adalah orang tua anak usia dini yang berjumlah 15 orang. Lokasi penelitian ini adalah Mano Kabupaten Manggarai Timur. Instrument yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian adalah dengan menggunakan angket dan pedoman wawancara. Angket peneliatn disebarkan terlebih dahulu kemudian dianalisis. Adapun data tersebut dianalisis dengan menggunakan tahap-tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perspektif atau sudut pandang orang tua anak usia dini tentang Bullying mengganggap bahwa tindakan memukul teman, mengejek teman, menjauhi teman merupakan tindakan yang wajar dilakukan karena menurut responden itu adalah tindakan yang sesuai dengan usia mereka lama-lama juga pasti akan berubah.
References
Bili & Sugito. (2021). Perspektif Orang Tua Tentang Perilaku Bullying Anak TK: ditinjau dari Tingkat Pendidikan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1644ΓΆβ¬β1654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.939
Hutagalung & Ramadan. (2022). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Multikultural di Lingkungan Keluarga Siswa sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2895
Irma, Nisa, & S. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Maghfiroh & Sugito. (2022). Perilaku Bullying pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2175ΓΆβ¬β2182. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1845
Mahriza, Rahmah, & S. (2021). Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 891ΓΆβ¬β899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.739
Novianti, Maria, & H. (2022). Penggunaan Aplikasi Android Smart Parenting untuk Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua tentang Bullying. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4309ΓΆβ¬β4320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1874
Oktavianingsih & Fitroh. (2022). Pengembangan Electronic Wordless Picture Book untuk Mengenalkan Social Justice pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2495ΓΆβ¬β2505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1992
Pratiwi, N., & Sugito, S. (2021). Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1408ΓΆβ¬β1415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1784
Putri, Yetti, & H. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 715. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438
Salwiah & Asmuddin. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929ΓΆβ¬β2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945
Wahyuni & Pransiska. (2019). Perilaku Bullying Pada Anak. JFACE Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.2650150
Widaningtyas & Sugito. (2022). Perspektif Orang Tua dan Guru Mengenai Bullying Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2910ΓΆβ¬β2928. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2313