Pola Asuh Orang Tua dalam Penanganan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Pada Anak Usia Dini Di Desa Cibulan Kecamatan Cidahu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola asuh yang diterapkan orang tua dalam penanganan ADHD pada anak usia dini di Desa Cibulan Kecamatan Cidahu. ADHD merupakan gangguan perkembangan neurobiologis yang ditandai dengan kesulitan mempertahankan perhatian, hiperaktivitas, dan perilaku impulsif, yang berdampak pada kehidupan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dapat dikategorikan menjadi tiga jenis: otoriter, demokratis, dan permisif. Pola asuh demokratis terbukti lebih efektif dalam mendukung perkembangan anak dengan ADHD, di mana orang tua memberikan ruang untuk berkomunikasi dan eksplorasi. Selain itu, faktor-faktor seperti tingkat pendidikan, sosial ekonomi, dan dukungan sosial juga berpengaruh signifikan terhadap pola asuh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi orang tua dan pendidik dalam memahami dan menangani anak-anak dengan ADHD secara lebih efektif.
Downloads
References
Avrilly, C., & Kusmawati, A. (2024). Analisis Pola Asuh Orang Tua Dalam Penanganan Anak ADHD ( Attention Deficit Hyperactivity Disorder ). 3(1).
Efendi, M., Putri, Y. N., Azizah, N., Atiq, B., & Sarah, P. R. (2022). POLA ASUH TERHADAP ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER ( ADHD ). 7(1), 226–235.
Erniyanti, A., Rahmi, K. H., Hakim, Z. L., Zahra, A., Luthfiah, S., & Ramadhanti, Z. (2024). Meninjau Kembali Penanganan ADHD Pada Anak melalui Pola Asuh. 8, 26134–26140.
Handayani, R., Purbasari, I., Setiawan, D., & Artikel, I. (2020). TIPE-TIPE POLA ASUH DALAM PENDIDIKAN KELUARGA. 11.
Harjana, R. (2020). Struktur Model Modifikasi Perilaku Berbaasis Disiplin Positif Untuk Anak Adhd. Jurnal Exponential : Education For Exceptional Children, 1(2), 125–134.
Hayati, D. L., Apsari, N. C., & Padjajaran, U. (2019). PELAYANAN KHUSUS BAGI ANAK DENGAN ATTENTI ONS DEFI CI T HYP ER ACTI VI TY
DISOR DER ( ADHD ) DI SEKOLAH. 108–122.
Manurung, K. (2022). Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi. FILADELFIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 285–300. https://doi.org/10.55772/filadelfia.v3i1.48
Mulyani, E. (2012). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705
Santoso, M. B. (2022). PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH. 3(1).
Silitonga, K. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Penanganan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11345–11356.
Susanto, B. D., & Sengkey, L. S. (2016). Diagnosis dan penanganan rehabilitasi medik pada anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Jurnal Biomedik (Jbm), 8(3), 157–166. https://doi.org/10.35790/jbm.8.3.2016.14150
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Copyright (c) 2025 Erna Juherna, Dewi Ratna, Siti Fatimah, Nuke Helia Nurmala, Maya Fatimah Durotul Mukaromah, Nur Dwi Cahyani, Riska Tri Wahyuni, Yayah Juhaeriyah, Mulya Elpiani, Fadhilah Islamia Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.