Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Kucing Dan Tikus
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kecerdasan interpesrsonal anak dengan menggunakan permainan tradisional kucing dan tikus di kelompok B di PAUD Alfurqon Desa Salareuma Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak Paud AlFurqon berjumlah 20 orang anak, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%) atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (45,97 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (69,54%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (84,28%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan permainan tradisional kucing dan tikus dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dan juga meningkatkan kinerja guru.
Downloads
References
Anonim. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Penerbit Sinar Grafika
Masitoh, dkk (2009). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rinaldi, Jhon, (2014). Ratusan Game Edukatif Usia 0-3Tahun, Jogjakarta, Diva Press
Yus, Anita.(2011), Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Kencana Prenada Media Group
Copyright (c) 2017 Carmanah Carmanah, Erna Juherna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.