Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kecerdasan interpesrsonal anak dengan menggunakan permainan tradisional kucing dan tikus di kelompok B di PAUD Alfurqon Desa Salareuma Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak Paud AlFurqon berjumlah 20 orang anak, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%) atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (45,97 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (69,54%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (84,28%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan permainan tradisional kucing dan tikus dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dan juga meningkatkan kinerja guru.
References
Anonim. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Penerbit Sinar Grafika
Masitoh, dkk (2009). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rinaldi, Jhon, (2014). Ratusan Game Edukatif Usia 0-3Tahun, Jogjakarta, Diva Press
Yus, Anita.(2011), Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Kencana Prenada Media Group
