Pengembangan Media Manik-manik Hitung untuk Pemahaman Konsep Bilangan Anak Kelompok A
Kartika Ananda, Harun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan media manik-manik hitung yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A dan menguji keefektifan media manik-manik yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan sembilan tahap penelitian hingga pada tahap penyempurnaan produk akhir. Sembilan tahapan ini mengacu pada tahap yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar observasi checklist pada anak, dan angket respon guru dari 12 sekolah. Analisis data menggunakan Uji Normalitas dan Uji Wilcoxon pada data time series. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa media manik-manik hitung memperoleh kriteria “Layak”menurut ahli materi dengan persentase sebesar 75% dan “Sangat Layak”menurut ahli media dengan persentase sebesar 85%. Media manik-manik hitung efektif dan layak digunakan setelah dilakuakan uji coba awal, uji lapangan utama, dan uji lapangan operasional, dimana setiap sekolah dilakakukan empat kali perlakuan dan mengalami peningkatan pada setiap indikatornya.
Downloads
References
Arsyad, Ashar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Aunio, P., & Räsänen, P. (n.d.). Numerical skills for learning mathematics in children aged five to eight years – a working model for educators, (June 2015), 37–41. European Early Childhood Education Care https://doi.org/10.1080/1350293X.2014.996424
Borg, W.R., & Gall, M.D. (1979). Education research an introduction (third ed). New York: Longman Inc.
Burns, M. (2007). About Teaching Mathematics A K-8 Resource (Third Edition). Sausalito: Math Solution Publication.
Cahyati, N. (2018). KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA MEMANCING. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 200–213.
Carbonneau, K. J., & Marley, S. C. (2015). Instructional Guidance and Realism of Manipulatives Influence Preschool Children ’ s Mathematics Learning. 83(4), 495–513. https://doi.org/10.1080/00220973.2014.989306
Linder, S. M., Powers-Costello, B., & Stegelin, D. A. (2011). Mathematics in Early Childhood: Research-Based Rationale and Practical Strategies. Early Childhood Education Journal, 39(1), 29–37. https://doi.org/10.1007/s10643-010-0437-6
Carbonneau, K. J., & Marley, S. C. (2015). Instructional Guidance and Realism of Manipulatives Influence Preschool Children ’ s Mathematics Learning, 83(4), 495–513. https://doi.org/10.1080/00220973.2014.989306
Cheng, D. P. W. (2012). The Relation Between Early Childhood Teachers’ Conceptualization of “Play” and Their Practice: Implication for The Process Of Learning to Teach. Frontiers of Education in China, 7(1), 65–84. https://doi.org/10.3868/s110-001-012-0004-2
Clements, D. H., Fuson, K. C., & Sarama, J. (2017). The Research-Based Balance In Early Childhood Mathematics : a Response to Common Core Criticisms. Early Childhood Research Quarterly, 40(April),150–162. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.03.005
DeGroot. (2012). Math Play : Growing and developing mathematics understanding in an emergent play-based environment . San Diego: University Of California
Diamond, A., & Whitington, V. (2015). Studying Early Brain Development: Educators’ Reports About Their Learning and Its Applications to Early Childhood Policies And Practices. Australasian Journal of Early Childhood, 40(3), 11–19.
Direktorat Jenderal Kebudayaan. (1997). Tebaran Manik Manik di Benua Etam. Tenggarong: Museum Negeri Kalimantan Timur.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2013). Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Ernest, J. M., Causey, C., Newton, A. B., Sharkins, K., Summerlin, J., & Albaiz, N. (2014). Extending the Global Dialogue About Media, Technology, Screen Time, and Young Children. Childhood Education, 90(3),182–191. https://doi.org/10.1080/00094056.2014.910046
Kustiawan, Usep. (2012), Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Cahyati, N. (2018). KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA MEMANCING. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 200–213.
Carbonneau, K. J., & Marley, S. C. (2015). Instructional Guidance and Realism of Manipulatives Influence Preschool Children ’ s Mathematics Learning. 83(4), 495–513. https://doi.org/10.1080/00220973.2014.989306
Linder, S. M., Powers-Costello, B., & Stegelin, D. A. (2011). Mathematics in Early Childhood: Research-Based Rationale and Practical Strategies. Early Childhood Education Journal, 39(1), 29–37. https://doi.org/10.1007/s10643-010-0437-6
Negen, J. & Sarnecka, B.W. (2014). Is there really a link between exact-number knowledge and approximate number system acuity in young children?. British Journal of
Developmental Psychology. California: University of California
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Reni Rahayu. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Media Manik-Manik Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Tahun 2014/2015. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Setyosari, Punaji & Sihkabuden. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.
Vitiarti, (2014). Pembelajaran kontekstual matematika bermedia manik-manik untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas V SDN Karangbesuki IV Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Copyright (c) 2021 Kartika Ananda, Harun Harun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.