Penerapan Kegiatan Origami dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun

  • Nadya Ayuning Tyasari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Alfian Ashshidiqi
Keywords: Origami, Motorik Halus, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Tujuan penelitian ini , mengetahui Perkembangan motorik anak apakah sudah sesuai dengan STPPA, mengetahui pentingnya motorik halus pada anak, dan juga mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran origami pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dimana peneliti meneliti. Subyek penelitian yaitu anak kelompok B2 TK islam Alhamidiyah yang berjumlah 15 siswa dengan sampel 2 siswa, dengan obyek penelitian ini yaitu kegiatan melipat origami untuk mengembangkan motorik halus. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi. Hal ini dapat menghasilkan pengaruh yang dapat membatu anak agar lebih mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari anak. Dengan menggunakan media origami dengan melakukan sebanyak 3 kali pembelajaran yang dilakukan dalam 1 bulan sebanyak 3-4 kali terdapat perubahan yang signifikan.

References

Dwp, T. K., Kec, K., & Kab, B. (2018). PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK A TK DWP KEDUNGRUKEM BENJENG GRESIK NUR FAIZATIN

Grace Chintia NovitaMotors, G., & Europe, W. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KIRIGAMI PADA SISWA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK DI SLB RELA BHAKTI I GAMPING. (June).

Indraswari, L. (2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Pesona PAUD, 1(1), 1ΓΆβ¬β13.

Jannah, A. N. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MELIPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK TAPAS AR-RAHMAN SEMAMPIR SEDATI SIDOARJO.

Kusumastuti, R. (2014). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK A ROUDLOTUL ATHFAL (RA) AL-IKHLAS SEMARANG BARAT.

Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Kadek, N., ΓΆβ¬Β¦ Tahun, N. (2016). AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL Jurusan Teknologi Pendidikan Abstrak e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 4(2)

Sarina, Muhammad Ali, H. (2013). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AISYIYAH 3 PONTIANAK Sarina,. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689ΓΆβ¬β1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sudibyo, E. (2002). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2002. (57).

Utami, R. B. (2009). PENGARUH STIMULASI MOTORIK HALUS TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4 ΓΆβ¬β 5 TAHUN DI TAMAN KANAK ΓΆβ¬β KANAK PERTIWI TIRIPAN BERBEK NGANJUK. 52ΓΆβ¬β59.

Widayati, S., Simatupang, N. D., Aprianti, A., & Maulidiya, R. (2020). Kegiatan Melipat Kertas Lipat Bermotif untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30ΓΆβ¬β44. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6544

Published
2020-12-09