Kondisi Psikologi Siswa: Persepsi Guru PJOK Terhadap Psikologis Yang Dihadapi Oleh Peserta Didik

  • lukman abdul aziz abdul rozak universitas muhammadiyah pekajangan pekalongan

Abstrak

Pengabdian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan instrumen utama wawancara. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui sekaligus mempelajari kondisi psikologi siswa, dengan penekanan pada pengidentifikasian tanda-tanda stres dan kecemasan serta upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) untuk mengawasi dan menangani masalah psikologi siswa. Hasil dalam pengabdian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kondisi psikologi yang normal; namun, beberapa siswa menunjukkan gejala stres dan kecemasan yang memerlukan pengobatan tambahan. Guru PJOK berperan sangat penting untuk mengawasi dan mendukung siswa yang membutuhkan, bekerja sama dengan wali kelas dan orang tua untuk memastikan kesejahteraan siswa secara keseluruhan. Pengabdian ini menunjukkan bahwa guru harus lebih memahami bagaimana mendukung aspek psikologis siswa di lingkungan pendidikan dan bahwa kolaborasi antar-stakeholder sangat penting untuk menangani masalah psikologis siswa secara menyeluruh.

Kata Kunci: Kondisi Psikologi Siswa: Persepsi Guru PJOK Terhadap Psikologis Yang Dihadapi Oleh Peserta Didik, psikologi, peserta didik, presepsi, psikologis peserta didik

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-04-25
Abstrak viewed = 22 times
PDF (English) downloaded = 11 times