ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD 4A UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUNINGAN TENTANG ETIKA ISLAM DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman mahasiswa PGSD 4A
Universitas Muhammadiyah Kuningan mengenai etika Islam dalam penggunaan media sosial,
serta faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman tersebut dan bagaimana mereka
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif dengan wawancara dan observasi terhadap tiga mahasiswa sebagai subjek
penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa tentang etika Islam
dalam penggunaan media sosial dipengaruhi oleh pendidikan agama yang diterima di rumah
dan sekolah, lingkungan kampus yang religius, serta pengaruh tokoh agama di media sosial.
Dalam praktiknya, mahasiswa cenderung berhati-hati dalam berbagi informasi, menghindari
perdebatan yang tidak produktif, dan memastikan konten yang dibagikan bermanfaat serta
positif. Kesimpulannya, mahasiswa PGSD 4A Universitas Muhammadiyah Kuningan
memiliki pemahaman yang baik tentang etika Islam dalam penggunaan media sosial, yang
tercermin dalam interaksi mereka sehari-hari di platform digital.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Teknik Pengumpulan Data Dan
Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan
Pada Pendekatan Kualitatif Dan
Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan
Islam, 1(2), 1–9.
Https://Doi.Org/10.61104/Ihsan.V1i2.57
Dewi, M. S. R. (2019). Islam Dan Etika
Bermedia (Kajian Etika Komunikasi
Netizen Di Media Sosial Instagram
Dalam Perspektif Islam). Research Fair
Unisri, 3(1).
Jasri, F. H., Haswan, F., Al-Hafiz, N. W.,
Siregar, M. H., Aprizal, A., Nopriandi,
H., & Nazli, R. (2022). Teknologi Dan
Pemanfaatan Media Sosial Dalam
Perspektif Islam. Bhakti Nagori (Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1),
128-132.
Maslan, D., & Nasution, M. I. P. (2023).
Pendidikan Etika Bermedia Sosial Dalam
Perspektif Islam: Antara Dosa Jariyah
Dan Pahala Jariyah. Al-Ittishol: Jurnal
Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2),
155-176.
Nurasih, W., Rasidin, M., & Witro, D. (2020).
Islam Dan Etika Bermedia Sosial Bagi
Generasi Milenial: Telaah Surat Al-’Asr.
Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan
Komunikasi, 16(1), 149-178.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media
Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa
Ekonomika, 12(2), 212-231.
Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., &
Sepriyanti, N. (2023). Penelitian
Kualitatif. Innovative: Journal Of Social
Science Research, 3(2), 9680-9694.