ANALISIS PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN TERHADAP KEMAMPUAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK
Abstract
Latar belakang penelitian ini karena masih banyak siswa di Pesantren Persis 109 Kujang Kabupaten Ciamis yang belum mencapai target hafalan Al-Qur’an yang diberikan oleh sekolah. Target yang diberikan oleh sekolah yaitu 1 juz diselesaikan oleh siswa reguler dan 2 juz diselesaikan oleh siswa Yabis ( yang mendapat beasiswa). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan menghafal Al-Qur’an serta bagaimana solusi terhadap permasalahan kesulitan menghafal tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Pesantren Persis 109 Kujang Kabupaten Ciamis. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru tahfidz. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa di tinjau dari segi : 1) Kesulitan-kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an yaitu karena adanya faktor internal yangberasal dari siswa itu sendiri dan faktor eksternal yang mempengaruhi siswa. 2) Upaya yang dilakukan siswa dalam mengatasi kesulitan menghafal Al-Qur’an yaitu dengan cara mengulang-ulang hafalan, mencari tempat yang nyaman untuk menghafal, mendengarkan murratal Al-Qur’an. 3) Upaya yang dilakukan guru tahfidz yaitu dengan menggunakan metode talaqqi, memberikan motivasi, mengadakan MABIT (malam bina iman dan taqwa ) serta memberikan reward untuk memacu semangat siswa dalam menghafal.
Downloads
References
Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma‟Had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 06 No.11, 44.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Cv Pustaka Media.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Basrowi Dan Suwandi. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.