PENGARUH PROGRAM MENTORING TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL MAHASISWA
Abstract
Moral menjadi salah satu pembicaraan yang sangat menarik di dunia pendidikan. Zaman semakin maju dan berkembang terkadang membuat permasalahan-permasalah moral semakin bermunculan salah satunya adalah dengan kurangnya rasa tanggung jawab pada diri mahasiswa yang bisa dibuktikan dengan masih banyak mahasiswa yang terlambat masuk kelas (tidak malu ketika tidak tepat waktu). Salah satu aspek dari pendidikan adalah perkembangan moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program mentoring terhadap perkembangan moral mahasiswa di STKIP Muhammadiyah Kuningan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Data-data penelitian didapat dari hasil penyebaran 2 skala, yaitu skala program mentoring dan skala perkembanga moral. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di STKIP Muhammadiyah Kuningan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara program mentoring terhadap perkembangan moral mahasiswa dengan nilai Signifikansi (Sig. ) 0,000 (<0,05) maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil tersebut menunjukan bahwa semakin sering dalam keikutsertaan mentoring maka semakin tinggi perkembangan moral mahasiswa, begitupun sebaliknya semakin rendah dalam keikutsertaan mentoring maka semakin rendah pula perkembangan moral pada mahasiswa. Program mentoring memberikan pengaruh sebesar 32,6%, sedangkan sisanya sebesar 67,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan (Cet. Ke-IV). PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
Islami, C. C. (2015). Pengembangan Model Konseling Behavioral dengan Teknik Relaksasi untuk Meminimalisasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri Kabupaten Majalengka [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/26291/
Islami, C. C. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Moral dan Disiplin Anak dengan Metode Permainan. Jurnal Pelita Paud, 1(2).
Islami, C. C., & Gustiana, E. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 70–78.
Kohlberg, T. (2019). JIPSINDO No. 2, Volume 6, September 2019. 6(2), 131–145.
Laili, F., Nida, K., & Tengah, J. (n.d.). INTERVENSI TEORI PERKEMBANGAN MORAL A . Pendahuluan Marcus Tulius Cicero , seorang cendekiawan Republik Roma pernah mengingatkan warga kekaisaran Roma bahwa kesejahteraan sebuah bangsa bermula dari karakter kuat warganya . Demikian juga sejarawan ternama . 8(2), 271–290.
Martoredjo, N. T. (2015). Peran Dimensi Mentoring Sumber Daya Manusia. Humaniora, 6(4), 444–452. https://media.neliti.com/media/publications/167231-ID-peran-dimensi-mentoring-dalam-upaya-peni.pdf
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Sari, A. A. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam [IAIN Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5460/
Sriyanti, L. (2015). Model Bimbingan dan Konseling Kolaboratif untuk Meningkatkan Pengendalian Diri Anak Usia Dini PAUD Kota Salatiga tahun 2015. Jurnal.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Widya, D. I. F. K., Surabaya, M., & Maramis, K. T. W. F. (2018). MODEL PEMBELAJARAN MORAL DAN ETlKA KEDOKTERAN PADA. Widya Medika Surabaya, 4(1), 50–54.
Zaman, B. (2017). Pelaksanaan Mentoring Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Inspirasi, 1(1), 139–154. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/10/9