PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE BERMAIN LOMPAT BAN DAN KARDUS

  • M. Masrukhan STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN
Kata Kunci: Tuck Style Long Jump, Tire and Cardboard Jumping Playing Method.

Abstrak

  1. Masrukhan (NIM: 212223212). Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Metode Bermain Lompat Ban dan Kardus pada Siswa Kelas VI SD Negeri Semedo Kec. Kedungbanteng Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2024, 173 halaman. Tujuan penelitian ini adalah upaya pencapaian kompetensi siswa kelas VI SD Negeri Semedo Kec. Kedungbanteng Kab. Tegal tahun pelajaran 2023/2024 dalam kemampuan lompat jauh gaya jongkok menggunakan metode bermain lompat ban dan kardus. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dan mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Semedo Kec. Kedungbanteng Kab. Tegal tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 10 siswa putri. Sumber data pada penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Analisis data dilakukan dengan mengamati gerakan lompat jauh gaya jongkok, kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan batas minimal hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yang harus dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode bermain lompat ban dan kardus dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menggunakan metode bermain lompat ban dan kardus untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan lompat jauh gaya jongkok sehingga hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa masih rendah dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 40,91%. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 68.18%. Sedangkan pada siklus II mencapai 81.82%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode bermain lompat ban dan kardus dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VI SD Negeri Semedo Kec. Kedungbanteng Kab. Tegal tahun pelajaran 2023/2024.
Diterbitkan
2024-09-05