Implementation of Flashcard Media in Improving Student Learning outcomes Through Vocabulary

Bahasa Inggris

  • Opik Ali Rohman STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Yuni Setiawati Yuni STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN
Kata Kunci: Bahasa Inggris

Abstrak

Penelitian ini mengkaji mengenai efektivitas penerapan media Flashcard dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri 1 Babakanmulya. Untuk mengetahui pengaruh penerapan media Flashcard terhadap prestasi belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris dengan tema Family, merupakan tujuan dari penelitian ini. Peneliti menggunakan metode Kuantitatif dengan bentuk penelitian Eksperimen One Group Pre Test-Post Test. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel seluruh siswa kelas II SDN 1 Babakanmulya sebanyak 9 orang. Hasil studi ini mengungkapkan bahwa penerapan media Flashcard dalam proses pembelajaran dapat membuat hasil belajar siswa meningkat melalui penguasaan kosakata. Keaslian pernyataan tersebut dapat teruji melalui hasil evaluasi sebelum penerapan media Flashcard dalam proses pembelajaran. Nilai rata-rata diperoleh di angka 62, berbeda dengan hasil evaluasi setelah penggunaan media Flashcard dalam pembelajaran nilai rata-rata diperoleh lebih tinggi yaitu 81. Selain itu, penggunaan media Flashcard ini juga membuat pembelajaran lebih kondusif dan interaktif.

Diterbitkan
2024-09-05