INTEGRASI PELATIHAN KURIKULUM DEEP LEARNING DAN PEMBUATAN ALAT PERAGA EDUKATIF BERBASIS LOOSE PART BAGI GURU PAUD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

  • Nika Cahyati Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Ajeng Rahayu Tresna Dewi Universitas Muhammadiyah Kuningan

Abstrak

Perkembangan ilmu pendidikan menuntut pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam, bermakna, dan kontekstual, terutama dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Kurikulum deep learning menawarkan pendekatan yang berpusat pada anak, menekankan proses eksploratif, reflektif, dan kolaboratif. Sementara itu, alat peraga edukatif berbasis loose part mendukung lingkungan belajar yang terbuka, fleksibel, dan merangsang kreativitas. Artikel ini memaparkan hasil kegiatan PKM yang bertujuan meningkatkan kapasitas guru PAUD melalui pelatihan kurikulum deep learning dan pembuatan alat peraga berbasis loose part. Kegiatan ini menghasilkan peningkatan pemahaman guru terhadap pendekatan pembelajaran mendalam serta kemampuan mereka dalam menciptakan dan menggunakan media belajar kreatif. Integrasi kurikulum deep learning dengan loose part terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih aktif dan kontekstual bagi anak-anak.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-07-14
Abstrak viewed = 0 times
PDF (English) downloaded = 0 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##