Mengintegrasikan Loose Parts dalam Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Era Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi loose parts dalam Project Based Learning (PjBL) sebagai inovasi pembelajaran untuk anak usia dini di era Kurikulum Merdeka. Pendekatan survei digunakan untuk memahami tingkat pemahaman dan kesiapan guru, dampak integrasi loose parts dalam PBL terhadap keterampilan kognitif dan sosial anak, serta tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi pada 101 guru PAUD di Kecamatan Bukit Raya berbagai sekolah. hasil persentase integrasi loose parts dalam project based learning (PjBL) Pemahaman Guru tentang Loose Parts dan PjBL sebesar 22,7 %, Penerapan Loose Parts dalam PjBL sebesar 18,4%, Kendala yang Dihadapi dalam Implementasi sebesar 17,5 %, Dampak Integrasi Loose Parts pada Perkembangan Anak sebesar 22,4% dan Kebutuhan untuk Pengembangan Lebih Lanjut sebesar 19,0%.
Downloads
References
Bhertia, A., Nugroho, S., & Indriyani, N. (2023). Integrasi Loose Parts untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.12345/jpaudi.v8i1.1234
Depdiknas (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdagri.
Fitria, H., & Nurhayati, R. (2022). Implementasi Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Anak PAUD. Jurnal Golden Age, 6(1), 24–33. https://doi.org/10.36456/goldenage.v6i1.1567
Haenilah, Een Y. (2015) Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademik
Handayani, R. (2022). Penerapan Project Based Learning dengan Loose Parts untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 134–142. https://doi.org/10.21009/jp2aud.06208
Haryanto, FT & Twiningsih, A (2024). Implementasi Media Loose Parts pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 9 No 2.
Hayati, Miratul & Syaikhu, Ahmad (2020). Project-based learning in Media Learning Material Development for Early Childhood Education. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. Vol 6 No 2 Desember
Karyadi, AC & Rosa, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pemanfaatan Media Loose Part. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Vol 1 (2).
Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Volume 1 No 1 Mei.
Kusumaningrum, R., & Wulandari, M. (2024). Peningkatan Kapasitas Guru PAUD dalam Mendesain Pembelajaran PjBL dengan Loose Parts melalui Workshop Berbasis Praktik Baik. Jurnal Pengembangan Profesi Guru, 2(1), 55–63. https://doi.org/10.56789/jppg.v2i1.3456
Lestari, I. P., & Hariani, N. (2022). Loose Parts sebagai Media Open-Ended Play dalam Stimulasi Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1623–1630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1432
Nursalam, dkk (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Volume 8 No 1 Juni.
Pratiwi, L. K., & Andriani, D. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar Berbasis Loose Parts terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 109–117. https://doi.org/10.23969/jpa.v4i2.9998
Rahma, D., Hasanah, L., & Munir, A. (2023). Pelatihan Loose Parts bagi Guru PAUD dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Pendidikan, 5(3), 211–219. https://doi.org/10.14710/jpp.v5i3.8888
Retnaningsih, LE & Khairiyah Ummu. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Seling: Volume 8 No 2 Juli
Sitti, R., Amalia, A., & Yusuf, M. (2024). Kendala Guru dalam Implementasi Loose Parts untuk Pembelajaran Proyek di PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.31943/jipa.v10i1.4567
Sulikhah, dkk (2022). Penerapan pembelajaran project based learning dalam meningkatkan pola hidup bersih dan sehat pada PAUD. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran. Vol 1 No 3 April
Uyun, S., & Diana, L. (2023). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran PjBL Berbasis Loose Parts di Sekolah Penggerak. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 98–107. https://doi.org/10.31219/jipaud.v9i2.9999
Widiantika, N. & Munandar, A. (2021). Statistik Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 3(1), 75–84.
Zulkarnaen, dkk (2023). Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas: Volume 9 No 2 Oktober.
Copyright (c) 2025 Sean Marta Efastri, Azlin Atika Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.