Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal di Kabupaten Bandung
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari transformasi pendidikan nasional yang menekankan pembelajaran yang fleksibel, kontekstual, dan berpusat pada anak. Di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), implementasi kurikulum ini menghadapi berbagai tantangan, terutama pada satuan pendidikan nonformal yang masih mengalami keterbatasan dalam pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip dasarnya. Kondisi ini menjadi alasan penting untuk mengevaluasi sejauh mana Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket tertutup dan terbuka yang disebarkan secara daring menggunakan Google Form. Sebanyak 152 satuan PAUD nonformal dari 31 kecamatan menjadi responden penelitian. Data yang diperoleh dianalisis untuk menilai tingkat keterlaksanaan implementasi kurikulum berdasarkan indikator perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa aspek perencanaan berada dalam kategori baik (rata-rata skor 71,39), pelaksanaan dalam kategori cukup (66,15), dan evaluasi juga cukup baik (67,74). Meski begitu, ditemukan bahwa banyak guru masih mengandalkan perangkat ajar lama dan mengalami kesulitan dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek dan penilaian autentik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD nonformal Kabupaten Bandung belum sepenuhnya optimal. Tantangan utama meliputi keterbatasan pemahaman terhadap filosofi kurikulum, kurangnya pelatihan teknis, serta minimnya dukungan orang tua dan lingkungan. Oleh karena itu, dibutuhkan penguatan kapasitas guru melalui pelatihan berkelanjutan, pendampingan dari dinas pendidikan, serta peningkatan literasi kurikulum agar Kurikulum Merdeka dapat dijalankan secara maksimal di tingkat satuan pendidikan anak usia dini.
Downloads
References
Arikunto, S. (2005). Prosedur penelitian: Pendekatan praktis. Rineka Cipta.
Awwalina, A. F., Farantika, D., & Rachmah, L. L. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran di lembaga PAUD. Jurnal CARE: Children Advisory Research and Education, 12(1). https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19902
Fitriani, N., & Yulianti, D. (2023). Tantangan implementasi Kurikulum Merdeka pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 8(1), 55–67. https://doi.org/10.12345/jpaudi.v8i1.12345
Junaedah, T., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Strategi pelaksanaan Kurikulum Merdeka di satuan PAUD melalui pendekatan Project Based Learning (PJBL). Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 16–21. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1397
Kemendikbud. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen: Kurikulum Merdeka untuk PAUD. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kementerian Pendidikan Riset, dan Teknologi, K. (2022). Permendikbudristek No. 12 Tahun 2022 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Lestari, M. (2024). Telaah kritis guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan PAUD. PERNIK, 7(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15582
Maulida, I., Azizah, N., Rahmatullah, A. A., Anggraini, A., Saepurohman, M. J., & Sukiman, S. (2024). Upaya penguatan Kurikulum Merdeka untuk pendidik PAUD. Ainara Journal, 5(1), 18–25. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i1.339
Miftakhi, D. R., & Pramusinto, H. (2023). Meningkatkan profesionalisme pendidik PAUD melalui pelatihan berjenjang. https://doi.org/10.5281/zenodo.7618997
Purnomo, A. (2021). Penilaian autentik dalam pendidikan anak usia dini: Konsep dan praktik. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 125–135. https://doi.org/10.12345/jpa.v10i2.4567
Rahmah, A. N., Feliana, M., Musarofah, & Safitri, D. (2025). Mewujudkan Indonesia Emas: Praktik dan strategi asesmen dalam pembelajaran PAUD dengan Kurikulum Merdeka di TK Ukan Hasupa. Early Childhood Journal, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i1.4534
Rahmawati, N., & Sutini, T. (2022). Faktor-faktor keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 41–55. https://doi.org/10.56789/jipaud.v5i1.4321
Ramdhan, M. F. (2021). Metodologi penelitian dalam bidang pendidikan. Alfabeta.
Sari, D. F., & Mulyani, E. (2022). Analisis kesulitan guru dalam implementasi penilaian autentik berbasis Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 88–97. https://doi.org/10.56789/jipaud.v6i1.7890
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar-dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Suyadi. (2015). Teori pembelajaran anak usia dini dalam pandangan Montessori & Piaget. Pedagogia.
Tupalessy, P. (2024). Tinjauan pustaka tentang penerapan Kurikulum Merdeka dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia. HUELE Journal of Applied Linguistics, Literature and Culture, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.30598/huele.v4.i1.p49-54
Wulandari, I. P. (2023). Efektivitas komunitas belajar dalam meningkatkan kesiapan guru PAUD menghadapi Kurikulum Merdeka. Jurnal PAUD Nusantara, 5(1), 34–45. https://doi.org/10.67890/jpn.v5i1.1234
Yuliani, N. S. (2021). Pembelajaran aktif dalam pendidikan anak usia dini: Teori dan praktik. Alfabeta.
Copyright (c) 2025 Leni Nurani, Agus Mulyanto, Hidayat, Deden Deni Mahendra, Ujang Tohiodin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.