Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Kata dan Gambar di RA. Hajjah Zahra
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5–6 tahun melalui penggunaan media kartu kata dan gambar di RA Hajjah Zahara. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sampel penelitian adalah 15 anak usia 5-6 tahun di RA. Hajjah Zahara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan, kemampuan membaca permulaan anak masih rendah. Setelah dilakukan tindakan melalui dua siklus menggunakan media kartu kata dan gambar, terjadi peningkatan signifikan pada seluruh indikator. Pada akhir siklus II, banyak anak telah mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal huruf, menyebut bunyi awal, menyusun, dan membaca kata dari gambar. Penggunaan media visual terbukti efektif mendorong semangat, konsentrasi, dan keterlibatan aktif anak dalam proses belajar. Kesimpulannya bahwa melalui media kartu tata dan gambar mampu meningkatkan membaca pada anak usia5-6 tahun.
Downloads
References
Adawiyah, R., & Irawati, J. (2025). Peningkatan Kemampuan Dalam Membaca Pada Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Inovasi Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(171–78). Https://Doi.Org/: Https://Doi.Org/10.61132/Inpaud.V2i1
Anwar, S. F., Hendriawan, D., & Arzaqi, N. (2025). Optimalisasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5 - 6 Tahun Melalui Penggunaan Video Animasi Si Kemal. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 284–300. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V6i1.1187
Arif, S., & Oktafiana, S. (2019). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Mitra Ilmu. Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12&Isallowed=Y%0Ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Balqis, A. E. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 AR RAHMAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 JEMBER PADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Fatimah, A. S., Hidayat, Y., & Herniawati, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di PAUD Bahrul Ihsan Kawasen. Jurnal Intisabi, 2(1), 33–50.
Hasan, L. M. U., Adhimah, S., & Rido’i, M. (2024). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Bahasa Arab. Aphorisme: Journal Of Arabic Language, Literature, And Education, 5(1), 127–142. Https://Doi.Org/10.37680/Aphorisme.V5i1.5401
Itah Fahitah, Sri Watini. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V4i02.7603
Ito, E. T., Ita, E., & Maku, K. R. M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN ASPEK BAHASA USIA 5-6 TAHUN DI TK ST. ALOYSIUS ULUBELU. Jurnal Citra Pendidikan Anak (JCPA), 3(4), 1172–1186.
Khadijah, & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya. In Merdeka Kreasi (1st Ed.). CV. Merdeka Kreasi.
Khadijah, & Amelia, N. (2020). PERKEMBANGAN KOGNITF ANAK USIA DINI. Kencana.
Khadijah, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. In Medan:Merdeka Kreasi Group.
Lubis, M., Zein, H. U., & Lubis, M. S. (2023). PENGARUH LITERASI MEMBACA DAN MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UINSU MEDAN DI ERA SOCIETY 5.0 Marasamin. Jurnal Tarbiyah, 30(1), 39–52. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30829/Tar.V30i1.2244
Mariani, D., & Rizawati. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pada AUD Melalui Media Kartu Bergambar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6112–6119.
My, W., & Pujianti, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Media Kartu Kata (Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Puri Hasana, Bekasi Barat, 2021). Al Hanin, 1(2), 59–67. Https://Doi.Org/10.38153/Alhanin.V1i2.81
Nuraeni, A. N., Alfania, G. T., Kurniawan, I., Mursidah, R. R., & Ajid, R. M. (2023). Strategi Perencanaan Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 3.
Qolby, N., Ismail, W., Maulana, A., Munirah, & T, M. Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas B TK Nurfalah Tattakang Kabupaten Gowa. Al Asma : Journal Of Islamic Education, 5(2), 123–132. Https://Doi.Org/10.24252/Asma.V5i2.42702
Setyowati, J., & Imamah, I. (2023). Efektivitas Media Kartu Kata Dan Gambar Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. Journal Of Education Research, 4(3), 1014–1020. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V4i3.211
Sit, M., Winanda, T., Aini, I. Q., Yani, R., Halisah, S., Sari, I. P., & Sari, N. (2023). Penerapan Permainan Teka-Teki Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Jpp Paud Fkip Untirta, 10(2), 101–110. Http://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/Jpppaud/Index
Tarigan, H. G. (2021). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV. ANGKASA.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Untuk Guru Dan Mahasiswa Di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. Https://Doi.Org/10.47134/Ptk.V1i4.821
Wahyuni, S., & Ngea, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis Dan Menghitung Melalui Remedial Teaching Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di Wisma Paulo 6 Yayasan Bhakti Luhur Malang. Jurnal Pelayanan Pastoral, 4(1), 11–19. Https://Doi.Org/10.53544/Jpp.V4i1.362
Copyright (c) 2025 Wirda Hayani Syahputri, Khadijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.