Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang perlu dikembangkan sejak anak berada pada tahap usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung pengembangannya. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan menelaah berbagai hasil penelitian dari tahun 2018 ke atas yang relevan dengan topik ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada anak mulai terbentuk melalui kegiatan eksploratif, interaksi sosial, permainan, dan bimbingan yang sesuai. Strategi pembelajaran seperti pendekatan berbasis proyek, storytelling interaktif, pertanyaan terbuka, dan permainan edukatif terbukti mampu menstimulasi aspek analisis, evaluasi, dan penyimpulan logis. Lingkungan belajar yang mendukung, keterlibatan guru dan orang tua, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak menjadi faktor penting dalam proses ini. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran anak usia dini yang berfokus pada keterampilan berpikir mendalam, bukan semata penguasaan akademik. Penelitian lanjutan disarankan untuk menguji efektivitas pendekatan-pendekatan tersebut dalam konteks nyata dan jangka panjang.
Downloads
References
Astuti, W. &. (2022). Project-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 105-117.
Ennis, R. H. (2018). Critical thinking across the curriculum: A brief edition of the annotated bibliography. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 29-36.
Ersan, S. &. (2021). An Investigation of Critical Thinking Skills in Illustrated Children's Books. 29(5).
Estrada, C. G.-H. (2024). EnhancingGritandCriticalThinkinginRuralPrimaryStudents: Impact of a Targeted Educational Intervention. Education Science, 2.
Fajar, N. M. (2020). Analisis Model Pembelajaran Inquiry untuk Menstimulasi Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 63.
Fajar, N. M. (2020). Analisis Model Pembelajaran Inquiry untuk Menstimulasi Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 62.
Fitriani, R. &. (2022). Strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3311–3320.
Hartati, S. &. (2020). Peran orang tua dalam stimulasi berpikir kritis anak prasekolah. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 32-39.
Hayes, C. O. (2022). Critical thinking in the preschool classroom - A systematic literature review. Thinking Skills and Creativity, 46. doi:https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101110
Imamah, Z. M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and lose part. YINYANG Jurnal Studi Islami, Gender, dan Anak, 268.
Indriati, N. U. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Untuk Anak Usia Dini. JTA: Jurnal Tunas Aswaja, 60.
Ismail, Z. A. (2021). The Effectiveness of Using Padlet Platform in Developing Some Critical Thinking Skills for Faculty of Education Students. REVIEW OF INTERNATIONAL GEOGRAPHICAL EDUCATION , 1474-1478.
Kalın, Ö. U. (2020). THE EFFECT OF CRITICAL THINKING SKILLS AND EMOTIONAL INTELLIGENCE ON THE EPISTEMOLOGICAL BELIEFS OF STUDENTS IN A CHILD DEVELOPMENT PROGRAM . International Online Journal of Education and Teaching , 1429.
Karadağ, F. V. (2018). The Effectiveness of The Philosophy with Children Curriculum on Critical Thinking Skills of Pre-School Children . Education and Science , 19.
Kharis, R. A. (2018). Characteristic of critical and creative thinking of students of mathematics education study program. Journal of Physics. doi:10.1088/1742-6596/983/1/012076
Lestari, D. &. (2019). Pengaruh model pembelajaran aktif terhadap kemampuan berpikir kritis anak. Jurnal Pendidikan Anak, 45-52.
Mustika, R. &. (2019). Pengembangan kemampuan berpikir kritis melalui aktivitas eksplorasi. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 65-74.
Natalina, D. (2015). MENUMBUHKAN PERILAKU BERPIKIR KRITIS SEJAK ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini, 2.
Natalina, D. (2015). MENUMBUHKAN PERILAKU BERPIKIR KRITIS SEJAK ANAK USIA DINI . Cakrawala Dini , 1.
Nuraini, S. K. (2023). Storytelling interaktif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1-10.
Nurhayati, I. D. (2024). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad : Journal on Early Childhood, 601.
Padmanabha, C. H. (2018). CRITICAL THINKING: CONCEPTUAL FRAMEWORK. i-manager ’s Journal on Educational Psychology, 45-46.
Pollarolo, E. I. (2023). Children’s critical thinking skills: perceptions of Norwegian early childhood educators . EUROPEAN EARLY CHILDHOOD EDUCATION RESEARCH JOURNAL , 261.
Priyanti, N. &. (2021). Improving Critical Thinking Skills of Early Childhood Through Inquiry Learning Method. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2242.
Putri, I. R. (2021). Lingkungan belajar dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 89-98.
Santín, M. F.-T. (2020). Developing Critical Thinking in Early Childhood Through the Philosophy of Reggio Emilia . Thinking Skills and Creativity, 2.
Sari, I. P. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Anak dan Kaitannya dengan Perkembangan Sosial Emosional. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1098-1106.
Sariba, D. Z. (2019). Critical Thinking Skills in Preschool Science Education and Suggestions Towards Teacher Education . Necatibey Faculty of Education, Electronic Journal of Science and Mathematics Education (EFMED), 706.
Saroinsong, W. P. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 66.
Setiani, E. (2020). Penerapan pertanyaan terbuka dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 21-29.
Shao, X. S. (2022). Early Critical Thinking in a Mandarin-Speaking Child: An Exploratory Case Study. Education Sciences, 1.
Suhartati, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini melalui Strategi Pembelajaran POE (Prediction–Observation–Explanation). Jurnal Pendidikan Anak, 142–150.
Sundararajan, N. O. (2018). The Process of Collaborative Concept Mapping in Kindergarten and the Effect on Critical Thinking Skills. Journal of STEM Education , 5.
Wahyuni, L. N. (2022). erkembangan Sosial Emosional dan Hubungannya dengan Kemampuan Berpikir Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 78-85.
Wee, S.-J. K. (2019). The Magic of Fractured Tales in the Early Childhood Classroom: From Entertainment to Critical Thinking . Early Childhood Education, 33.
Widodo, A. S. (2021). Permainan edukatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 77-86.
Yarali, K. T. (2021). The Effectiveness of Storyline-Based Education Program on Critical Thinking Skills of Preschool Children. Education and Science , 137.
Yarali, K. T. (2024). Teachers’ Views and Strategies for Improving Children’s Critical Thinking Skills. Gazi University Journal of Gazi Education Faculty, 803.
Copyright (c) 2025 Elza Dwi Yulia, Hapidin , Iva Sarifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.