Pemanfaatan Lagu Anak Dengan Tema Lokal Dalam Pembelajaran PAUD: Studi Kualitatif Penerimaan Dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran

  • Evie Destiana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan lagu anak dengan tema daerah dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), berfokus pada penerimaan dan dampaknya terhadap proses pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bebekan, Sidoarjo. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini menganalisis efektivitas lagu bertema lokal dalam memfasilitasi pembelajaran, serta bagaimana integrasi lagu tersebut dapat memperkaya pengalaman belajar anak. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu daerah tidak hanya meningkatkan keterlibatan dan minat belajar anak, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan bahasa dan sosial mereka. Lagu-lagu yang dikenal dan memiliki makna budaya yang mendalam memfasilitasi interaksi sosial antar anak, mendorong kerja sama, dan memperkuat identitas budaya. Temuan ini menunjukkan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam kurikulum PAUD, di mana lagu menjadi alat efektif yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk lebih luas menerapkan lagu anak dalam pembelajaran, serta menciptakan variasi dalam penggunaannya untuk menjaga minat dan motivasi anak. Penelitian ini juga mengidentifikasi area yang perlu dieksplorasi lebih lanjut, seperti perbandingan pengaruh berbagai jenis lagu terhadap perkembangan anak di konteks yang berbeda. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan lagu anak dengan tema lokal dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman belajar, mendorong perkembangan karakter, dan menumbuhkan kebanggaan terhadap budaya lokal di kalangan anak.

Keywords: lagu anak, tema lokal, pembelajaran, PAUD, kearifan lokal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, R., & Fauziah, L. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 645. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645
Cilvia, C., & Astuti, Y. (2023). Peran Lagu Anak Berbasis Tematik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak TK A. Murhum Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 387. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.387
Fajriati, R., & Naimah, N. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal (Local Wisdom) pada Usia Kanak-kanak Awal. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 956. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.956
Khofsah, W., & others. (2023). Pengaplikasian Budaya Lokal Gresik dalam Kegiatan Pembelajaran PAUD. Aulad Journal on Early Childhood, 6(3), 561. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.561
Mayar, A., & others. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2081. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Muzzammil, A. (2023). Theme Song Partai sebagai Komunikasi Politik: Analisis pada Lagu “PAN PAN PAN.” Jurnal Source Ilmu Komunikasi, 9(2), 8039. https://doi.org/10.35308/source.v9i2.8039
Rahayu, A., & Setiasih, D. (2022). Strategi Orang Tua dalam Membiasakan PHBS Anak Usia Dini saat Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 2115. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.2115
Rahma, R., & Zulfahmi, E. (2024). Dampak Lagu Jawa Koplo terhadap Aspek Unggah-Ungguh AUD di Desa Pekalongan Anak Usia 4-6 Tahun. Ceria Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 10695. https://doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10695
Rahma, Z., & others. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dengan Media Berbahan Loose Part pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4926. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4926
Selian, F., & Amalia, Z. (2024). Persepsi Pendidik tentang Pembelajaran Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 5192. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5192
Siddiq, M., & others. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Metode Bercerita. Jurnal Teknodik, 24(2), 496. https://doi.org/10.32550/teknodik.v24i2.496
Soedarmo, A. (2024). Pandangan Ayah Terhadap Keterlibatannya dalam Pengasuhan Anak (Studi Kasus Ayah di Kelurahan Ciroyom Tahun 2023-2024). EduKids Jurnal Pertumbuhan Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 21(1), 68359. https://doi.org/10.17509/edukids.v21i1.68359
Suyanti, Y., & Jabar, A. (2022). Studi Deskriptif Isi Pesan Moral Pada Lirik Lagu Dolanan Khas Jawa. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 3256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3256
Utami, S., & others. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Mengarahkan Pergaulan Anak di Desa Lokalisasi Bandungan Kabupaten Semarang. Jurnal Impresi Indonesia, 2(11), 3868. https://doi.org/10.58344/jii.v2i11.3868
Waruwu, C., & Panjaitan, R. (2023). Pembentukan Karakter pada Anak Usia Dini. Manthano Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 29. https://doi.org/10.55967/manthano.v2i1.29
Westhisi, R., & others. (2023). Optimalisasi Musik, Gerak, dan Lagu dalam Membangun Motivasi Belajar Anak Usia Dini Pasca Bencana. P2M STKIP Siliwangi, 10(1), 3723. https://doi.org/10.22460/p2m.v10i1.3723
Yanti, N., & others. (2024). Analisis Lirik “Epiphany” BTS Sebagai Spirit Mengatasi Keterpurukan. https://doi.org/10.62180/20j4d350
Yasmin, R., & Mayar, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Seni pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 2619. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.2619
Published
2025-06-27
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 12 times