Pengembangan Pengembangan Media Genius Geometry Math Book untuk Pengenalan Bangun Datar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kabupaten Ngawi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Genius Geometry Math Book sebagai sarana pengenalan bangun datar bagi anak usia 5–6 tahun di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba meliputi ahli materi, ahli media, guru sebagai pengguna, serta anak TK yang terdiri dari 12 anak dalam uji coba kelompok kecil dan 23 anak dalam uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi ahli, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Genius Geometry Math Book dinyatakan layak dan efektif digunakan. Validasi ahli materi memperoleh persentase 98,07% dan ahli media memperoleh 96,87%.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maryati, I., & Priatna, N. J. M. J. P. M. (2017). Integrasi nilai-nilai karakter matematika melalui pembelajaran kontekstual. 6(3), 333-344.
Chusna, L. A., & Ningrum, M. A. (2019). Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4–5 Tahun. PAUD Teratai, 8(2).
Lumbantobing, W. C. M., Zamili, U., & Herlina, E. S. (2024). Pengaruh Media SoftBook Shapes Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4–5 Tahun. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 317–336.
Syafdaningsih, S. et al. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Cerita Materi Geometri untuk Anak Usia 5–6 Tahun. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7900–7912.
Mappapoleonro, A. M., & Yuni, Y. (2024). Implementasi Media Kantong Ajaib: Memahami Bangun Datar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Cerlang PG PAUD, 1(1), 1–9.
Hidayat, H. et al. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bentuk Geometri di Era Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 16–21.
Anggraini, A. M. et al. (2021). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia 4–5 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, …
Korini, R. A., & Sari, R. P. (2024). Pengembangan Media Transformasi Geometri untuk Pembelajaran Matematika dalam Mengenal Simbol Geometri di Kelompok A RA Al‑Azhar Dampit Malang. JURALIANSI, 5(1).
Sahrul, S. et al. (2024). Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini dalam Menggambar Geometri pada TK BA Aisyiah Kalibanger Temanggung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4).
Mahmudah, Z., & Masykuro). Media Twister Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4–5 Tahun. Jurnal Golden Age, 7(1), 147–159.
Meiriza, E. P., & Zulminiati, Z. (2024). Pengaruh Media Papan Geometri Terhadap Matematika Awal Anak Usia Dini di Taman Kanak‑Kanak Islam Al Azhar 32 Padang. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 187–196.
Permendikbud No. 137 Tahun 2024 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Ramadhanti, N. F., Lamada, M., & Riska, M. J. J. M. (2021). Pengembangan aplikasi game edukasi 3d “finding geometry” berbasis unity sebagai media pembelajaran bangun ruang matematika. 21-26.
Segara, B., Choirudin, C., Setiawan, A., Anwar, M. S., & Arif, V. R. J. J. P. T. K. (2023). Metode Inquiry: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pada Materi Luas Bangun Datar. 1(1), 18-22.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Widiyaningsih, E., & Pujiastuti, E. J. K., Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. 4(1), 98-104.
Copyright (c) 2025 Afifah Dwi Anggarini, Wening Sekar Kusuma, Narendradewi Kusumastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.