Pengembangan Permainan Tradisional Ma’benteng untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari-04

  • Nurul Nisya Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Novita Ashari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Tien Asmara Palintan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Tri Ayu Lestari Natsir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B melalui pengembangan permainan tradisional ma'benteng. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) melalui pengembangan model Borg & Gall. Tahap pengembangannya terdiri dari 10 tahap, tetapi dalam penelitian yang dilakukan ini berhenti pada tahap 7 yaitu tahap revisi produk setelah dilakukan uji coba produk. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat validitas produk yang dikembangkan ini mencapai hasil penilaian dengan kategori 'Sangat Layak' dari validator ketiga, yakni 90% oleh ahli materi, 82% oleh ahli media, dan 89% oleh ahli bahasa. Sementara itu, data dari uji coba produk menunjukkan respon yang sangat positif, dengan hasil lembar observasi guru mencapai 100% dengan kategori 'Sangat Baik', lembar observasi anak sebesar 92% dengan kategori 'Sangat Layak', dan angket respon guru sebesar 97% dengan kategori 'Sangat Layak'. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memperoleh hasil bahwa pengembangan permainan tradisional ma'benteng ini dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B.

Keywords: anak usia dini, permainan tradisional ma’benteng, kecerdasan interpersonal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, A. F., Rukayah, & Dewi, N. K. (2019). Sikap Kerjasama melalui Permainan Bentengan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(2), 104–112. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36332

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1997–2007. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055

Anisa, N., & Sit, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Outdoor Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(2), 529–537. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.699

Annisa, P. (2024). Pengembangan Model Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Matematika Permulaan pada Anak Kelompok A di RA Umdi Ujung Lare. In https://repository.iainpare.ac.id/. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.

Ashari, N., Natsir, T. A. L., AT, S. H. D., & Nurzhafirah. (2024). Penerapan Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak Speech Delay. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 7(2), 79–92. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/nananeke.v7i2.41441

Asyiah, S. N., Mahendra, J. P., & Wathoni, H. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional melalui Permainan Tradisional Benteng di PAUD Darul Muttaqin Dasan Tereng Tahun Ajaran 2023/2024. Arus Jurnal Psikologi Dan Pendidikan (AJPP), 3(2), 121–126. https://doi.org/https://doi.org/10.57250/ajpp.v3i2.610

Berliana, D., & Atikah, C. (2023). Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1108–1117. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963

Budury, S., Khamida, & Huda, N. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak dengan Bermain Permainan Tradisional. Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–30. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/wisanggeni.v2i1.2163

Dewi, S. S., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Nurannisa, A., Nurhasanah, & Rosdaliani, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitik Siswa melalui Elaborasi Permainan Bugis Ma’benteng Terintegrasi 4C Skills Berbasis Android. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 2).

Dilla, S. H., Ashari, N., & Mulianah, S. (2024). Pengembangan Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(3), 860–872. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.816

Ginting, N. A., Harun, & Nurmaniah. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297–4308. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437

Halifah, S., Mustamin, F., & Razak, R. (2022). Dimensi Permainan Maddende dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 10(2).

Harmaningsih, D., Yuniarti, S., Wijayanti, & Komsiah, S. (2024). Memperkenalkan Budaya Indonesia Melalui Permainan Tradisional. IkraIth-Abdimas, 8(1), 206–214. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v8i1.3193

Herlinda, S., Kartini, T., & Alim, M. L. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Metode Blended Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30346–30351. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11903

Indria, A. (2020). Multiple Intellegences. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1), 26–41. https://doi.org/https://doi.org/10.31869/jkpu.v3i1.1968

Jazilurrahman, Widat, F., Tohet, M., Murniati, & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095

Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. GUEPEDIA.

Mahtawarni, S. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Mengenalkan Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun. In Repository.Ar-Raniry.Ac.Id. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Darussalam.

Minasadiyah, P., Widiastuti, R. Y., Tyas, M. R., Masruroh, J., & Maghfirah, V. T. (2023). Kegiatan-Kegiatan Stimulasi Multiple Intelligence Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 10(1), 40–52. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i1.2045

Nurzhafirah, Natsir, T. A. L., Ashari, N., & Palintan, T. A. (2024). Pengembangan Media Maze dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 6(1), 102–119. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/j-sanak.v6i01.7600Copyright

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Oktaviana, N. D., Sudikan, S. Y., & Subrata, H. (2023). Pengembangan Buku Ajar Sastra Anak dalam Perspektif Multiple Intelligences untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1229–1238. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.421

Palintan, T. A., Asqia, N., & Hariska. (2023). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak Melalui Media Puzzle Pada Anak Kelompok B Di RA Umdi Al-Ihsan Parepare. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 87–92. https://doi.org/10.35905/anakta.v1i2.4474

Priani, R., Haryono, M., & Sari, R. P. (2024). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Tradisional Bentengan. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 12(2), 47–51. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/vis.v12i2.12115

Putra, T. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Qowiyah, S. H. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 96–101. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26239

Rahmania, J. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bintang Mulia Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

RimahDani, D. E., Shaleh, & Nurlaeli. (2023). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 372–379. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1828

Sarifa, Z., Wardani, S., Sulistyaningsih, T., & Purniawati, H. (2021). Penerapan Model Talking Chips Untuk Mengukur Hasil Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2885–2896. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.17464

Trismahwati, D., & Sari, N. I. (2020). Identifikasi Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. AZZAHRA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–20.

Yuliandra, R., Gumantan, A., & Pratomo, C. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dengan Model Permainan Ladder. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4190–4198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4391

Published
2025-06-27
Abstract viewed = 27 times
PDF downloaded = 12 times