Peningkatan Pengetahuan Seks pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi
Abstract
Kurangnya pengetahuan yang dimiliki anak terhadap pendidikan seksual menjadi kesempatan untuk para pelaku melancarkan aksinya melakukan kejahatan seksual kepada anak-anak. Memberikan pendidikan seks kepada anak perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual kepada anak-anak. Pemberian pendidikan seks pada anak memerlukan media yang mampu menarik perhatian sekaligus memudahkan pemahaman materi, salah satunya melalui penggunaan video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media video animasi dalam meningkatkan pengetahuan seks anak, dengan menggunakan metode eksperimen dan pendekatan quasi experiment nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 34 anak berusia 5–6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi dapat meningkatkan pengetahuan seks pada anak. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen sebesar 10,58 dan 15,58, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 8,82 dan 9,41. Uji independent T-test menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005, yang menunjukkan bahwa video animasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pengetahuan seks anak usia dini
Downloads
References
Afifah, N., Rahayu, A. P., Veronica, N., & Abidin, R. (2023). Penggunaan TIK Berbasis Video Animasi dengan Metode Show And Tell pada Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4107–4118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3659
Anggara, R. G. A., Sianturi, K., Florency, D. W., & Michael, T. (2020). Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Korban Pemerkosaan. Egalita, 15(1), 10–20. https://doi.org/10.18860/egalita.v15i1.10178
Anggraini, T., & Sofia, A. (t.t.). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: Aku dan Diriku.
Anitasari, B., & Tulak, G. T. (2023). Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini melalui Pendidikan Kesehatan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(1), 284–292. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i1.8213
Atsary, U. I. C. dan A. I. al. (2021). Pendidikan Seksual Untuk Anak dan Remaja dalam Islam. PUSTAKA AL-KHOIR.
Billa, H. S., & Solikhah, U. (2022). Efektivitas Media Visikarkes (Video Animasi Kertun Kekerasan Seksual) Terhadap Pengetahuan Reproduksi Dini Anak Usia Sekolah Di Sd Negeri 03 Mersi. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(3), 259–465. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6719
Damayanti, P. D. S., Handayani, F., Ramahwati, Y., Suhernah, S., Cahyani, A. D., & Tilova, M. H. (2023). Peranan Psikologi Pendidikan untuk Pencegahan Perundungan Siswa Sekolah Dasar. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i1.60
Dista, F. N., & Khafidah, W. (2023). Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan Dan Sigmund Freud. jurnal iailm.
Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679
Desty putri hanifah. (2023). Teori Dan Prinsip Pengembangan Media Pembelajaran. Pradina Pustaka.
Enjela, B. O., Miranda, D., & Amalia, A. (2024). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. JURNAL EDUKASI, 2. https://doihttps://doi.org/10.60132/edu.v2i2.257.org/10.60132/edu.v2i2.257
Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(2), 2021.
Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613–3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170
Girsang, M. L., Ridlo, M. R., & Utari, A. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 2(2), 258–269. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.71
Habibah, N. D. (2024). Pendidikan Seksual Melalui Tema Pembelajaran “ Diriku ” Untuk Anak Usia Dini ( Penelitian Deskriptif di TK Islam Cerdas Ummat , Bogor ). 2023, 41–56.
Hakim, L., & Ayu, S. C. (2023). “ Emergency sexual h arassment ” singing as a method of improving understanding of sex education in children “ Darurat pelecehan s eksual ” menyanyi sebagai metode meningkatkan pemahaman seks edukasi pada anak. 18(2), 138–149.
Hariyati, S. B., & Nurhafizah, N. (2023). Pengembangan Video Animasi terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1024–1034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4033
Helminasari, S., Kristi, E. D., Helnisa, H., Salami, M. F. A., & Mustafa, S. (2023). Peran (DP2PA) dalam Menangani Kasus Kekerasan Seksual Anak di Kota Samarinda. TheJournalish: Social and Government, 4(2), 101–115. https://doi.org/10.55314/tsg.v4i2.475
Hijriati, H. (2017). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2034
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756
Irfan, M. M. (2023). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Tindak Pidana Pelecehan Seksual Yang Dilakukan Oleh Anak Sebagai Narapidana Pada Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak Kelas Ii B Sungai Buluh Kabupaten Batanghari. 1–96.
Ivarianti, K., Ivaniarahma, Oktanila Palensky Simanjuntak, Yulsi, Dhita Afifah, & Putri Dewi Aprilia. (2025). Teori Perkembangan menurut Sigmund Freud. Early Childhood Journal, 3(2), 102–109. https://doi.org/10.30872/ecj.v3i2.4858
Kemendiknas. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. Permendikbud Repblik Indonesia, 8(33), 37.
Kurniawati, T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi Untuk PAUD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 6(1).
Ligina, N. L., Mardhiyah, A., & Nurhidayah, I. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar Di Kota Bandung. Jurnal Keperawatan, 9(2), 109–118.
Margaretta, S. S., & Kristyaningsih, P. (2020). The Effectiveness of Sexual Education on Sexuality Knowledge and How To Prevent Sexual Violence in School Age Children. JIKBW Press, 57–61.
Mariyona, K., Rusdi, P. H. N., Nugrahmi, M. A., & Meiriza, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Pelecehan Seksual pada Anak Usia Dini di Tk Aisyiyah Kota Bukittinggi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 2146. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i2.3859
Muslich, I. M., Ni’mah, M., & Kiromi, I. H. (2023). Pentingnya Pengenalan Pendidikan Seks Dalam Pencegahan Sexual Abuse Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 29–38.
Mustari, I. N. (2019). Dysfunction of Sex Education in Sexual Abuse Victims in Pattallassang Subdistrict in Takalar District Nur Inayah Mustari Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Makasar.
Nasrun, Zulhaini, & Nasution, N. B. (2015). Efektivitas Teknik Sentuh/Tidak Sentuh (Touch/Don’t Touch Technique) Dalam Meningkatkan Pemahaman Sebagai Usaha Preventif Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Siswa Sekolah Dasar (SD). September.
Nuraini, D. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Animasi Terhadap Sikap Anak Dalam Pencegahan Pelecahan Seksual Di TK 01 Karanglo, Tawangmangu. Universitas Kusuma Husada Surakarta, 37, 1–10.
Nurfazryana. Mirawati. (2022). Dampak Psikologis Kekerasan Seksual Pada Anak Sexual Abuse , Child , Impact. UNES Journal of Social and Economics Research, 7(2), 15–24.
PPPA, K. (2024). Resiliensi Digital Cegah Anak Menjadi Korban Kekerasan Seksual.
Pradika, F. R. P., Angesti, T. B., & Sancaya, S. A. (2024). Analisis Penanganan Psikologis terhadap Anak Korban Pelecehan Seksual. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 3, 54–63.
Probosiwi, R., & Bahransyaf, D. (2015). Pedofilia Dan Kekerasan Seksual: Masalah Dan Perlindungan Terhadap Anak. Sosio Informa, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.33007/inf.v1i1.88
Rahayu, C., & Fanreza, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Akhlak dengan Pencuplikan Video Animasi. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 122–133. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.492
Rini. (2020). Dampak Psikologis Jangka Panjang Kekerasan Seksual Anak(Komparasi Faktor: Pelaku, Tipe, Cara, Keterbukaan DanDukungan Sosial). IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 157–167.
Rosita, H. A., Hidayah, L. N., Safitri, A. A., & Farisia. (2020). Media Video Animasi Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Siswa Ra Sunan Ampel Pasuruan. AL Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Educati On, 4(2).
Sari, K. I. P., & dkk. (2022). Kekerasan Seksual. Penerbit Media Sains Indonesia.
Sari, P. M., Dafriani, P., Morika, H. D., Nur, S. A., & Saintika, S. S. (2021). PENGARUH Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Empat Bagian Tubuh Penting Yang Tidak Boleh Disentuh Di Koto Tangah Kota Padang. 12.
Sholicha, H. P., & Fatonah, S. (2015). Pola Komunikasi Antara Guru dan Murid Dalam Menyampaikan Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(3), 224–233.
Sopyandi, S., & Sujarwo, S. (2023). Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan dan Pencegahannya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1), 19–25. https://doi.org/10.37304/jpips.v15i1.9448
Sugiharti, R., & Erlangga, E. (2023). Sosialisasi Parenting Pendidikan Seksual Di Era Digital. Tematik, 4(1), 75. https://doi.org/10.26623/tmt.v4i1.8038
Suteja, J. (2021). Revitalisasi Pendidikan Seks dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Anak. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, Vol. 4.
Ubaidillah, R. (2023). Memahami Kembali Hadits Pendidikan Seksual Perspektif Sigmund Freud. AL-MANAR: Jurnal Kajian Al-Qur’an dan Hadits, 9(2), 129–144.
Utama, A. A., Hidayati, S. W., & Sari, I. F. (2022). Implementasi Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3739
Vidayanti, V., Tungkaki, K. T. putri, & Retnaningsih, L. N. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Dini Melalui Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Seksualitas Di Sdn Mustokorejo Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 5(2), 203. https://doi.org/10.35842/formil.v5i2.331
Zina, M., Dini, S., Pentingnya, :, Seksual, P., Moral, D., Anak, B., & Davina, D. (2024). Mencegah Zina Sejak Dini: Pentingnya Pendidikan Seksual dan Moral Bagi Anak. Journal Sains Student Research, 2(3), 518–526.
Copyright (c) 2025 INTAN OCTAVIANI, ZUSY ARYANTI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.