Peran Guru Dalam Mempersiapkan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar

  • Gokma Nafita Tampubolon Universitas Nusa Cendana
  • Martha Kristiani Klau Universitas Nusa Cendana
  • Abdul Syukur Universitas Nusa Cendana
  • Angelikus N. Koten Universitas Nusa Cendana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mempersiapkan anak usia dini di TK Kristen Karmel Fatululi untuk memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. Permasalahan kesiapan anak usia dini untuk masuk sekolah dasar menjadi isu penting karena melibatkan berbagai aspek perkembangan anak, seperti fisik, kognitif, sosial-emosional, dan sikap belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Kristen Karmel Fatululi memainkan enam peran utama dalam proses pembelajaran, yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, motivator, pelatih, dan evaluator. Guru tidak hanya mengajarkan keterampilan dasar akademik seperti membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga membimbing anak dalam pengembangan nilai moral, kemandirian, keterampilan sosial, serta kesiapan emosional. Dengan peran tersebut, guru berkontribusi secara signifikan dalam membentuk kesiapan anak menghadapi tantangan di jenjang pendidikan berikutnya.

Keywords: Peran Guru, Anak Usia Dini, Kesiapan Sekolah, Pendidikan Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, H. (2021). Optimalisasi peran guru pendidikan anak usia dini yang proporsional. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 29–45. https://jurnal.iain bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1300/803

D. Nuryani and I. Handayani, “Kompetensi guru di era 4.0 dalam meningkatkan mutu pendidikan,” 2020.

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Fenty S. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal AtTadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(1), 57–66.

Harmini, T. (2017). pengaruh kesiapan Belajar terhadap prestasi belajar Mahasiswa pada pembelajaran kalkulus. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145-158.

Hurlock, E.B., 1974, PersonalityDevelopment, New Delhi; Tata McGraw-Hill,inc.

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153-164.

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628

Khalawati, F. N. K., & Hariyanti, D. P. D. (2023). Urgensi Persiapan Anak Dalam Masa Transisi PAUD Ke SD. In Seminar nasional" Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan".

Mariyati, L. I., & Affandi, G. R. (2016). Tepatkah nijmeegse schoolbekwaamheids test (nst) untuk mengukur kesiapan sekolah siswa sekolah dasar awal pada konteks indonesia?(analisis empirik berdasar teori tes klasik). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 194-211.

Ningsih, N. L. P. Y. W., & Suniasih, N. W. (2020). Kesiapan Belajar dan Aktualisasi Diri Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 25(3), 367–379. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25486

Suparno, S. (2020). Konsep Penguatan Nilai Moral Anak Menurut Kohlberg. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 58–67. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.124

Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional`

Wahyuni, R., & Erdiyanti, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28-40.

Widiatmoko, T. F., & Dirgantoro, K. P. S. (2022). Pentingnya Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Mengatasi Perilaku Perundungan Di Kelas [the Importance of the Teacher’S Role As a Guide in Overcoming Bullying in the Classroom]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 238. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.2072

Yasin, M., & Fadilah, K. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Kekurangan Tenaga Pendidik Di Smp Islam Ma’arif Sangatta Utara. An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 1-11.

Published
2025-06-27
Abstract viewed = 27 times
PDF downloaded = 11 times