Efektivitas Media Ular Tangga terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak Kelompok A

  • Hamidatun Annafi'u Yurintama UIN Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo
  • Ratna Nila Puspitasari UIN Kiai Ageng Muhammad Besari Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran ular tangga dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 160 Darussalam Tatung Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025. Kemampuan berpikir simbolik yang dimaksud mencakup keterampilan mengenal, menyebutkan, dan menjodohkan lambang bilangan 1–10. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 38 anak, yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 19 anak. Kelompok eksperimen menggunakan media ular tangga, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dianalisis menggunakan uji prasyarat, uji t, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir simbolik anak pada kelompok eksperimen dan kontrol setelah perlakuan diberikan. Rata-rata N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,728 (kategori tinggi) atau 72,82% termasuk dalam kriteria cukup efektif, sedangkan kelompok kontrol hanya sebesar 0,006 (kategori rendah) atau 0,65% yang menunjukkan tidak efektif. Dengan demikian, media pembelajaran ular tangga terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini.

Keywords: Anak kelompok A, berpikir simbolik, ular tangga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, W. (2020). Media Pembelajaran Jumping Frog untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Makhluk Hidup Bagi Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Al-Faruq, M. S. S., & Sukatin. (2021). Psikologi Perkembangan. Deepublish.
Andini, S. H., Larasati, H. A. Y. I., Amalia, R. M., Putri, Y. A., Muliani., D., Halizha, C. A., Pardede, C. B., & Habibah, A. H. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cahya Ghani Recovery.
Azriyani Mutalib, Ma’rup, & Latief, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Pembelajaran Audio Visual pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Herlina Tikatukang Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 252–260. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2351
Chotimah, C. (2025). Aktivitas Berhitung Menyenangkan untuk Anak Usia Prasekolah: Belajar Melalui Bermain. Jurnal Abdi Masyarakat, 3(1), 743–746. https://doi.org/https://doi.org/10.62085/jms.v3i1.167
Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Kencana.
Fitriani, D. N., & Rohmah, U. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Kartu Angka Dalam Melatih Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 111 Wringinanom Sambit Ponorogo. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 03(01), 1–13. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/index%0A
Harahap, H. K., Harahap, E. W., & Hasanah. (2023). Efektivitas Media Gambar Dalam meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Afdonal Padanglawas. Jurnal Pendidikan Tuntas, 1(4), 482–487. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jpt.v1i4.303
Isrok’atun. (2021). Memahami Konsep Dasar Matematika untuk PGSD. Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, lampiran 26 (2014).
M, A. H. (2009). 100+Permainan Tradisional Indonesia untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban. CV. Andi Offset.
Mujtahidin, S., Hardianti, F., & Rachman, S. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Ular Tangga pada Anak Usia Dini. Barajah Journal: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 4(3), 503–510. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/bj.v4i3.342
Muqorrobin, S., & Fathoni, T. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Seni Hasta Karya. Jurnal Mentari, 3(2), 87–93. https://doi.org/https://doi.org/10.60155/mentari.v3i2.211
Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita. (2019). Pengembagan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.
Rahmayani, Y., & Sumitra, A. (2022). Pembelajaran Berhitung Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Anak Usia Dini. Ceria: Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif, 5(2), 164–172. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10327
Ramadhani, E. A., & Wulandari, R. S. (2021). Pengaruh Permainan Jepit Angka terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Mentari: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 25–33.
Rosanti, A., Tahir, M., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1490–1495. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.812
Runtukahu, T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruzz Media.
Setiawati, F. A., & Suyadi. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Melalui Permainan Ular Tangga Tantangan dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(2), 49–61. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1274
Silaen, S. M. J. (2022). Bermain Anak Usia Dini. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sufa, F. F., Gunarhadi, Akhyar, M., & Yusuf, M. (2022). Mengenalkan Konsep Matematika Melalui Bermain Imajinasi pada Anak Usia Dini. Unsri Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya (1st ed.). Kencana.
Taher, R., & Nurhikmah. (2022). Buku Ajar Metodologi Pendidikan. NEM.
Thoyibah, M. Y., & Negara, T. D. W. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini pada Pembelajaran Matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 01(01), 26–38. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/598%0Ahttps://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/download/598/263
Warmansyah, J., Utami, T., Faridy, F., Syarfina, Marini, T., & Ashari, N. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara.
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Published
2025-06-27
Abstract viewed = 42 times
PDF downloaded = 17 times