Pengaruh pola asuh otoriter terhadap perkembangan bahasa anak usia dini

  • Vivi Dahyatu Amelia Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Untung Nopriansyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Abstract

Kurangnya perkembangan bahasa pada anak usia dini dapat menyebabkan keterlambatan komunikasi. Gaya pengasuhan anak sering dikaitkan dengan berbagai kesulitan perkembangan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah pola asuh otoriter mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak usia dini. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan, dengan data yang diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang substansial dari pola asuh otoriter terhadap perkembangan bahasa anak, dengan nilai p-value sebesar 0,001 dan koefisien determinasi sebesar 27,2%. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh otoriter memberikan kontribusi sebesar 27,2% terhadap perkembangan bahasa, dengan faktor-faktor lain menyumbang 72,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola asuh otoriter mempengaruhi perkembangan bahasa anak

Keywords: Pola Asuh Otoriter, Perkembangan bahasa, Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Nofita. 2021. “Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 7 (1): 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741.
Bahran taib, Yulianti Bun, and Ummah. 2020. “Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 2 (1): 128–37. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090.
Candra Susanto, Primadi, Dewi Ulfah Arini, Lily Yuntina, Josua Panatap Soehaditama, and Nuraeni Nuraeni. 2024. “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, Dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka).” Jurnal Ilmu Multidisplin 3 (1): 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504.
Creswell, John w. 2008. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mied Methods Approaches.
Dewi, Mera Putri, Neviyarni S, and Irdamurni Irdamurni. 2020. “Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar [Language, Emotional, and Social Development in Primary School-Aged Children].” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7 (1): 1.
Dhieni, Nurbiana, and Lara Fridani. 2007. “Hakikat Perkembangan Bahasa Anak (Modul 1 PAUD).” Modul Paud Diakses Pada Tanggal, 1–28.
Diana, Untung noprianysah. 2024. “Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak Usia 15-17 Tahun Di Rumah” 7 (3): 743–53. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.785.
Hotmauli Damanik, Meirani, Azizah Aini, Nur Arani Ananda, Masyunita Siregar, Uswatul Hasni, and Rizki Surya Amanda. 2024. “Analisis Gaya Pengasuhan Orangtua Terhadap Keterlambatan Berbicara Anak Usia Empat Tahun.” Dirasah 7 (1): 174–83. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah.
Isna, Aisyah. 2019. “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Al-Athfal 2 (2): 62–69.
Joni. 2015. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasek.” Obsesi: Research & Learning in Early Childhood Education 1 (6): 42–48.
Khoiriyah, Gracia Mandira. 2019. “Pola Pengasuhan Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Prasekolah Ditinjau Dari Pekerjaan Orangtua.”
Lailul Ilham. 2022. “Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Pekembangan Anak.” Islamic EduKids 4 (2): 63–73. https://doi.org/10.20414/iek.v4i2.5976.
Lestari, Rani Endah, and Rahma Handayani. 2023. “Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal At-Tabayyun 6 (2): 113–26. https://doi.org/10.62214/jat.v6i2.158.
Lestari, Tita, Ika Mustika, R Mekar Ismayani, and Ikip Siliwangi. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3 (1): 1–12.
Mardiana, Nur Shela. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Interaksi Anak Usia Dini.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 20 (1): 22. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i1.801.
Mil, Silvie, and Anis Setia Ningsih. 2023. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Perilaku Agresif Anak.” Aulad: Journal on Early Childhood 6 (2): 219–25. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.500.
Mulqiah, Zuraida, Eka Santi, and Dhian Ririn Lestari. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun).” Dunia Keperawatan 5 (1): 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643.
Pembayun, Ellita Putri, and Mudhar Mudhar. 2022. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kemandirian Anak.” Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi 5 (2): 96–103. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1381.
Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia PrasekolahOktaviani, Maya, Annisa Widya Novitasari, Glosalalia, Madinatuzzahra, and Nur Aulia. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah.” JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan) 8 (02): 153–63. https://doi.org/10.21009/jkkp.082.04.
Pradita, Erika Lia, Anisa Kumala Dewi, Nisrinda Nasywa Tsuraya, and Muhardila Fauziah. 2024. “ANAK USIA DINI” 5 (1): 1238–48.
Puspita Sari, Chintia Wahyuni. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2 (1): 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.597.
Rustamana, Agus, Putri Wahyuningsih, Muhammad Fikri Azka, and Pipit Wahyu. 2024. “Penelitian Metode Kuantitatif.” Sindoro Cendikia Pendidikan 5 (6): 1–10.
Sofwatillah, Risnita, M. Syahran Jailani, and Deassy Arestya Saksitha. 2024. “Teknik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmiah.” Journal Genta Mulia 15 (2): 79–91.
Sri Asri, AA. 2018. “Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2 (1): 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793.
Suardi, Indah Permatasari, Syahrul Ramadhan, and Yasnur Asri. 2019. “Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160.
Sulaiman, Umar, Nur Ardianti, and Selviana Selviana. 2019. “Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 2 (1): 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385.
Syifa, Nor, Ali Rachman, and Asniwati Asniwati. 2023. “Kerjasama Orang Tua Dengan Sekolah Dan Pola Asuh Orang Tua Berpengaruh Terhadap Kemandirian Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1): 384–97. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3745.
Published
2025-06-26
Abstract viewed = 51 times
PDF downloaded = 23 times