Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Inovasi Media Gambar dengan Pendekatan Systems Thinking

  • Heti Triwahyuni Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Iyang Khoeriyatul Umah TK Triwala
  • Ilah Rohmailah TK Triwala
  • Casnan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji efektivitas penggunaan media gambar sebagai inovasi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini melalui pendekatan system thinking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang dilaksanakan di TK Triwala. Subjek penelitian terdiri dari tiga anak dengan usia 5–6 tahun, dua guru, orang tua serta melibatkan observasi terhadap interaksi selama pembelajaran. Teknik pengumpulan data mencakup observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran selama tiga minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar yang dirancang secara sistemik dan interaktif mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengekspresikan ide secara lisan, memperkaya kosa kata, serta membangun kepercayaan diri dalam berbicara. Pendekatan system thinking membantu guru merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan keterkaitan antara media, metode, karakteristik anak, dan lingkungan belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi media visual dan pendekatan berpikir sistemik dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dan menyeluruh dalam mendukung pengembangan bahasa anak usia dini.

Keywords: kemampuan berbicara, media gambar, anak usia dini, system thinking

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliyana, F. N. (2020). Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 109–118.
Casnan. (2021). Statistika Deskriptif. K-Media.
Casnan. (2022). Statistika Inferensial. K-Media.
Casnan, C., Purnawan, P., Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022a). Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p31-38
Casnan, C., Purnawan, P., Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022b). Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking [Evaluation Of The Learning Process With The Systems Thinking Approach]. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p31-38
Casnan, Purnawan, Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022c). Evaluasi proses pembelajaran dengan pendekatan systems thinking. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38.
Casnan, Triwahyuni, H., Gumelarsari, M., & Firmansyah, I. (2023). Meningkatkan kemampuan problem solving melalui system thinking dalam proses pembelajaran anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7707–7714.
Casnan, Triwahyuni, H., Ropiah, O., & Firmansyah, I. (2022). Evaluation of Online Learning Implementation with a System Thinking Approach. Pendidikan Progresif, 12(3), 1106–1114. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i
Hoerudin, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bakti Tahsinia (JBT), 1(1), 59–68.
Karim, I. K. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2), 65–72.
Karlina, D. N., Widiastuti, A. A., & Soesilo, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di TK Apple Kids Salatiga. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 1–11.
Munasih, A., & Nurjaman, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–15.
Norhikmah, Fitria, N. R., Puspita, D., & Saudah. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901–3910.
Pane, E. T. T., & Siagian, S. (2014). Pengaruh Metode Bermain Peran dan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 35–45.
Putri, A. A. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi DWP Setda Provinsi Riau. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115–122.
Rahmah, M. M., Fitri, A. D. S., & Putra, S. P. (2025). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan bahasa sintaksis anak umur 4–5 tahun di KB & RA Palma Kadipiro. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 22(1), 11–24.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–92.
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 3(2), 92–98.
Shanie, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. JoECCE: Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 1–18.
Sugiasih, I., & Setiowati, E. A. (2016). Studi deskriptif mengenai kemampuan persepsi visual anak usia 3–5 tahun. Proyeksi, 11(1), 55–64.
Supriatna, A., Kuswandi, S., Ariffianto, M. A., Permana, R., Suryadipraja, & Taryana, T. (2022). Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37–44.
Titaley, D. M., & Suharto. (2024). Efektivitas media gambar dalam mengajarkan perkembangan makhluk hidup di kelas III SD Negeri 01 Nabire. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(4), 361–368.
Wahyundari, N. W. S., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 80–88.
Published
2025-06-26
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 4 times