Peran Supervisi Klinis sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di tingkat kelompok bermain dengan fokus pada kepala sekolah sebagai pelaksana utama supervisi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai subjek penelitian melalui teknik wawancara mendalam dan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis yang dilaksanakan secara sistematis melalui tiga tahap pertemuan awal, observasi kelas, dan pertemuan balikan berdampak signifikan terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru dan kualitas pembelajaran. Solusi yang diterapkan antara lain pendekatan kolaboratif, pelatihan penggunaan rubrik, serta umpan balik konstruktif. Temuan penelitian menggarisbawahi pentingnya pelatihan intensif bagi kepala sekolah, program supervisi yang terjadwal, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan untuk memastikan keberlanjutan dampak positif supervisi klinis. Dengan demikian, supervisi klinis tidak hanya berfungsi sebagai alat monitoring, tetapi juga sebagai strategi pengembangan profesional guru yang berkelanjutan.
Downloads
References
Abdul Patah, S., & Boon, Y. (2022). Conceptual Framework of Best Practices for The Development of Professionalism of Novice Teachers in High Performing Primary Schools in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(1), Pages 2050-2056. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v12-i1/12270
Adref, F., Mattalatta, & Malik, T. (2023). Development of Human Resources, Competence, and Supervision of the Performance of Clinical Nursing Staff in Hospitals. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 3(1), 33–43. https://doi.org/10.59065/jissr.v3i1.55
Aggarwal, R. (2014). Innovative Approaches and Strategies for Teaching: Dealing with Constraints for better Learning. Issues and Ideas in Education, 2(2), 217–228. https://doi.org/10.15415/iie.2014.22016
Armizawati, A., & Asmendri, A. (2022). The Implementation of Educational Supervision in Improving Teacher Professional Competence. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 224–233. https://doi.org/10.24042/alidarah.v12i2.14310
Babo, R., & Syamsuddin, A. (2022). Clinical Supervision Model to Improve the Quality of Learning in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.41303
Dahal, G. (2023). Exploring Mentoring Practice for In-service Teachers’ Professional Development. KMC Journal, 5(1), 189–204. https://doi.org/10.3126/kmcj.v5i1.52459
Dimara, B. (2023). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Manajerial : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(4), 374–386. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i4.1862
Fadhilah, N. (2019). Supervisi Pendidikan. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/s3fub
Julak, J. (2022). Penggunaan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sma Negeri 7 Banjarmasin Oleh Arusliadi. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/u736r
Laksmi, J. N. A. (2022). Implementasi Supervisi Klinis Di Sd Negeri Ujung-Ujung 01 Kabupaten Semarang. Satya Widya, 37(2), 141–152. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i2.p141-152
Marwati, B., Wldan, W., & Baehaqi, B. (2019). Implementation of Supervisor Clinical Supervision in Increasing the Teachers Pedagogic Competence of Madrasah Tsanawiyah (MTs) in Masbagik District. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(4), 361. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i4.1009
Maulidiansyah, R., Khairuddin, K., Syiah Kuala University, Ismail, I., & Syiah Kuala University. (2023). Implementation of Clinical Supervision by the School Principle in Increasing the Quality of Learning at SMP Negeri 18, Banda Aceh City, Indonesia. Path of Science, 9(4), 6001–6006. https://doi.org/10.22178/pos.91-17
Mulyana, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Akademik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Individual dengan Pendekatan Kolaboratif Terhadap Guru Mata Pelajaran di Lingkungan SMP Pasundan I Bandung Tahun Pelajaran 2018 – 2019. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(1), 56–77. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i1.6
Nabillah, N. (2023). strategi pembelajaran: Metode Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/m2hy9
Nurcholiq, M. (2018). Supervisi Klinis. Journal Evaluasi, 1(1), 1. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.62
Nurussalami, N., & Muharrafah, N. (2023). Strategi Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kinerja Guru Di SMAN 12 Banda Aceh. Intelektualita, 12(1). https://doi.org/10.22373/ji.v12i1.19260
Velasco, R. Y., & Banayo, A. F. (2023). Clinical Observation Approach in Promoting Instructional Competence among Public School Teachers in Calauan Sub-office, Division of Laguna. International Journal of Research Publications, 127(1). https://doi.org/10.47119/IJRP1001271620235053
Wahyulianti, D., Sholeh, M., & Murtadlo, M. (2025). Supervisi Klinis Konvergensi untuk Meningkatkan Profesional Guru dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran Berdeferensiasi di SMP Negeri 6 Sidoarjo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 794–800. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6755
Wirdatis, W. (2022a). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Di Uptd Sd Negeri 04 Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2021. Journal on Education, 4(4), 1079–1096. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.523
Wirdatis, W. (2022b). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Di Uptd Sd Negeri 04 Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2021. Journal on Education, 4(4), 1079–1096. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.523
Wulandari, T. A., Yaseen, M., Wafi, A., Nurhadi, A., Mubah, H. Q., & Ratnawati, R. (2023). Implementation Of Educational Supervision To Improve Teacher Performance: A Comparative Study At Indonesian And Pakistani School. re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 6(1), 29–42. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v6i1.8714
Copyright (c) 2025 Putri Cahya Wulandari, Ali Imron

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.