Kepemimpinan dan Kolaborasi Stakeholder untuk Akreditasi A Pada PAUD di Desa Sukopuro

  • Ika Nova Sari Universitas Negeri Malang
  • Raden Bambang Sumarsono Universitas Negeri Malang

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi kepemimpinan dan kolaborasi stakeholder dalam mencapai akreditasi A di PAUD KB Muslimat Islamiyah, Kabupaten Malang, yang berhasil meraih akreditasi tinggi meskipun memiliki keterbatasan sumber daya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 8 informan (kepala sekolah, guru, orang tua, dan pengurus yayasan), observasi partisipatif, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang ditandai dengan pendekatan partisipatif, visi jelas, dan pemberdayaan guru menjadi faktor kunci. Selain itu, kolaborasi efektif dengan berbagai stakeholder melalui kontribusi dana, partisipasi aktif, dan pemanfaatan sumber daya lokal berperan penting dalam memenuhi standar akreditasi. Temuan ini memberikan model praktis bagi PAUD lain dalam mengoptimalkan kepemimpinan dan kemitraan lokal untuk peningkatan mutu pendidikan.

 

Keywords: kepemimpinan transformasional, kolaborasi stakeholder, akreditasi PAUD, sumber daya terbatas, pendidikan anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership. Psychology Press. https://doi.org/10.4324/9781410617095

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_pOQC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Diva Aulia, N., Maulida, A., Islam Anak Usia Dini, P., & Syrarif Hidayatullah Jakarta, U. (2024). Akreditasi sebagai Mutu Jaminan Lembaga PAUD.

Epstein, J. L. (2018). School, Family, and Community Partnerships. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429494673

Gruenewald, D. A. (2003). The Best of Both Worlds: A Critical Pedagogy of Place. Educational Researcher, 32(4), 3–12. https://doi.org/10.3102/0013189X032004003

Heckman, J. J. (2012). F_HeckmanDeficitPieceCUSTOM-Generic_052714-3-1. https://heckmanequation.org/

Hellosehat. (2025). Memahami Perbedaan Antara PAUD, Playgroup, dan TK. https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/perbedaan-paud-dan-tk/

Henderson, A. T. , M. K. L. , J. V. R. , & D. D. (2022). Beyond the bake sale: The essential guide to family-school partnerships. . The New Press.

Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40

Kemendikbud. (2021). Pedoman Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/

Permendikbud No. 58 th 2009. (n.d.). https://jdih.kemdikbud.go.id/

Rizqiyyatunnisa, R., & Mahdi, N. I. (2021). PENYELENGGARAAN PAUD FORMAL, NON FORMAL DAN INFORMAL DI KB TK IK KELUARGA CERIA. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 54–74. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3242

Sumarsono, R. B., Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2016). Parents’ Participation in Improving the Quality of Elementary School in the City of Malang, East Java, Indonesia. International Education Studies, 9(10), 256. https://doi.org/10.5539/ies.v9n10p256

Ulfatin, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan : Teori dan Aplikasinya. Bayumedia Publishing.

UNESCO. (2023). Education for sustainable development: A roadmap. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000374802

Published
2025-06-27
Abstract viewed = 12 times
PDF downloaded = 6 times